nusabali

Undiksha Wisuda 618 Mahasiswa

Lulusan Didorong Berdaya Saing di Era Globalisasi

  • www.nusabali.com-undiksha-wisuda-618-mahasiswa

SINGARAJA, NusaBali
Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) menggelar wisuda ke-64 periode Maret, Jumat (26/3).

Sebanyak 618 mahasiswa diwisuda kali ini yang digelar luar jaringan (luring) dan dalam jaringan (daring), seperti tiga periode sebelumnya. Sebagai lulusan yang baru, wisudawan didorong agar mampu menjadi Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas dan berdaya saing di era globalisasi.

Hanya 184 wisudawan perwakilan lulusan terbaik dari setiap prodi yang mengikuti proses wisuda langsung di gedung Auditorium Undiksha, dengan menerapkan protokol pencegahan Covid-19. Sedangkan ratusan wisudawan sisanya mengikuti secara online. Orangtua wisudawan juga tidak diizinkan berada di dalam auditorium maupun areal kampus selama prosesi wisuda berlangsung untuk mengantisipasi kerumunan.

Wisudawan kali ini terdiri dari 5 orang jenjang pendidikan doktor, 71 orang jenjang pendidikan magister, 525 jenjang pendidikan sarjana, dan 17 wisudawan dari jenjang pendidikan ahli madya. Wisuda ini disebut sebagai bentuk tanggung jawab Undiksha kepada negara, khususnya dalam penyiapan SDM yang berkualitas dan memiliki daya saing di era global.

Rektor Undiksha, Prof I Nyoman Jampel menyampaikan permakluman kepada seluruh wisudawan beserta keluarga karena wisuda belum bisa berjalan normal seperti yang menjadi harapan bersama. Namun demikian, diharapkan wisuda dengan pola baru ini tidak mengurangi makna dan kebanggaan. "Kami sudah merencanakan pelaksanaan wisuda dengan bertemu langsung. Namun karena situasi masih pandemi Covid-19, pelaksanaannya masih ada yang luring dan daring," katanya.

Kepada wisudawan, Rektor Jampel berpesan untuk selalu adaptif terhadap perubahan. Selain itu, mampu menjadi SDM yang berkualitas dan berdaya saing dalam era saat ini. Hal tersebut perlu diimbangi dengan menggali, meningkatkan, dan mewujudkan seluruh potensi unggulan dalam diri. "Kita harus berpikir, kita tidak bisa memprediksi jenis pekerjaan di masa yang akan datang. Oleh sebab itu saya sampaikan, kita harus agile, yaitu bisa cepat beradaptasi pada situasi zaman itu. Anggaplah di zaman teknologi, kita harus mampu memanfaatkan teknologi," tuturnya.

Rektor asal Nusa Dua, Kabupaten Badung ini juga memberikan apresiasi atas kegigihan para mahasiswa dalam menyelesaikan studi dan mampu menorehkan prestasi. Capaian positif ini tentu menjadi salah satu aspek pendukung dalam mempercepat mewujudkan visi Undiksha. "Saya turut berbangga wisudawan bisa menyelesaikan pendidikan di Undiksha. Ilmu pengetahuan yang dimiliki agar dapat diabdikan kepada masyarakat untuk kemajuan kita bersama," pesan dia.

Apresiasi juga ditujukan pula kepada guru besar dan dosen atas bimbingan yang diberikan kepada mahasiswa sehingga mengantarkan mahasiswanya lulus tepat waktu. Pada wisuda kali ini, terdapat empat wisudawan yang menjadi lulusan berprestasi pamuncak tingkat universitas. Mereka adalah I Made Citra Wibawa, Ni Kadek Ayu Risnawati, Ni Luh Putu Sri Murdiani, dan Kadek Novi Kumala Pratiwi. *m

Komentar