nusabali

Earth Hour di Denpasar, Pengunjung Mall Diajak Matikan Handphone

  • www.nusabali.com-earth-hour-di-denpasar-pengunjung-mall-diajak-matikan-handphone

DENPASAR, NusaBali.com
Komunitas Earth Hour Bali mematikan lampu dan menyalakan lilin bersama pada Sabtu (27/3/2021). Kegiatan yang dipusatkan di Trans Studio Mall (TSM) Bali ini berlangsung mulai pukul 20.30 hingga 21.30 Wita.

“Kegiatan ini sebagai suatu langkah penghematan energi di Indonesia. Kita tahu energi listrik itu merupakan energi yang tidak bisa diperbaharui. Selain itu sebagian besar emisi listrik kita masih mengandalkan emisi batu bara. Artinya, 60 persen kita masih ketergantungan dengan batu bara. Sementara energi alternatif masih belum maksimal digunakan,” terang Octorio Abel Tasman, anggota Divisi Campaign Energy Earth Hour Bali sekaligus perwakilan Earth Hour Bali.

Gerakan ini juga mengajak 50 partisipan dari pengunjung mall untuk mematikan alat-alat komunikasi mereka dan menyalakan lilin sebagai langkah penghematan energi. Jaringan Earth Hour Global dan Earth Hour Indonesia sendiri juga bergabung secara daring melakukan live Instagram yang menjelaskan mengapa masyarakat perlu melakukan Earth Hour Day pada waktu-waktu ini.


Gerakan yang diprakarsai oleh World Wide Fund for Nature (WWF) sudah dilaksanakan sejak tahun 2007. Earth Hour Day tahun 2021 mengusung tema Unity in Biodiversity yakni kesatuan dari beragam spesies tumbuhan dan hewan, habitat hingga genetik yang saling melengkapi dan menopang kehidupan manusia.

Peringatan Earth Hour Day yang diadakan di TSM Bali ini menjadi rangkaian acara We Care yang diadakan TSM sebagai satu bentuk kepedulian terhadap sesama, kesehatan, dan bumi. Rangkaian acara ini terdiri dari donor darah, musician care movement, donasi benda bekas layak pakai, dan tentunya Earth Hour Day.


Hari Bumi yakni Earth Hour bertepatan  dengan rangkaian acara We Care Trans Shopping Mall  sehingga dimanfaatkan untuk  menggalang dana. Selain itu ada auction live streaming di TSM Cibubur, Makassar, Bandung, Bintaro dan Bali. “Jadi nanti barang-barang artis kami lelang, hasilnya akan disumbangkan. Untuk yang tidak ikut lelang, bisa juga menyumbangkan barang-barang bekas layak pakai di drop box yang telah disediakan,” jelas Mega Risty Zefanya, Assistant Marcom Manager Trans Studio Mall Bali.

“Kami juga mau membantu teman-teman musisi yang entertainment lagi kurang bagus. Jadi untuk teman-teman musisi yang mau tampil di sini boleh banget,”  lanjutnya.

Donor Darah bekerja sama dengan Persatuan Donor Darah Indonesia (PDDI). “Ini adalah bagian dari program sinergitas antara Palang Merah Indonesia dan PDDI Provinsi Bali yakni Goes to Mall, Goes to Campus, Goes to Millenial. Kami mengajak masyarakat untuk bersama-sama dalam kondisi seperti ini meningkatkan imunitas dengan donor darah. Jadikan donor darah gaya hidup, pola hidup sehat dan meningkatkan kualitas kebersamaan dengan membantu sesama,” ujar Ketut Pringgantara, Ketua PDDI Bali.

Selain itu, pihak TSM Bali juga mengajak komunitas Mini Drone Bali untuk mendokumentasikan kegiatan Earth Hour Day.

Komentar