nusabali

Terapkan Prokes, Wabup Kasta Minta Masyarakat Jangan Maboya

  • www.nusabali.com-terapkan-prokes-wabup-kasta-minta-masyarakat-jangan-maboya

SEMARAPURA, NusaBali
Wakil Bupati (wabup) Klungkung I Made Kasta beserta Tim Satgas Covid-19 Klungkung kembali menggelar monitoring ke Posko Satgas Gotong Royong Pencegahan Covid-19 di beberapa desa adat/desa adat, di Kecamatan Nusa Penida, Klungkung, Jumat (26/3).

Wabup minta masyarakat jangan maboya (apriori) dalam penerapan protokol kesehatan (prokes). Kegiatan itu dilakukan guna mengetahui kesiapan posko Satgas Covid-19 sesuai surat edaran Bupati Nomor : 411/149/BPBD, tentang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat mikro berbasis desa/kelurahan/desa adat dan pembentukan posko penanganan Covid-19. Posko yang dikunjungi yakni di Desa Batununggul, Suana, Pejukutan, Kutampi Kaler, dan Ped.

Dalam pantauannya, Wabup Kasta beserta Tim Satgas Covid-19 sangat mengapresiasi kesigapan perangkat desa dinas maupun desa adat. Karena sudah mengikuti SE Bupati tersebut. Dirinya berharap kepada petugas satgas di desa bisa meningkatkan kinerjanya dalam menekan perkembangan Covid-19.

Wabup Kasta mengingatkan Satgas di desa agar melaksanakan tugas dan fungsi dengan baik. Satgas juga diimbau supaya tetap berkoordinasi dengan Satgas Covid-19 tingkat kecamatan, kabupaten, dan provinsi. "Semua pihak diingatkan untuk tidak meboya, serta lebih bersungguh-sungguh, disiplin, dan penuh tanggung jawab dalam mentaati berbagai ketentuan yang dikeluarkan pemerintah," ujar Wabup Kasta.

Walaupun ada yang sudah divaksin, tetap diimbau untuk menerapkan protokol kesehatan (prokes). "Satgas di desa dapat aktif menginformasikan dan berani mengingatkan masyarakat di desa masing-masing agar mentaati prokes," ujarnya.

Sebelumnya, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menambahkan, untuk mengembalikan pariwisata seperti dua tahun sebelum pandemi Covid-19, diperlukan kepercayaan dari wisatawan. Kuncinya adalah percepatan vaksinasi dan ketaatan penerapan protokol kesehatan. Menurutnya, jika warga tidak taat prokes utamanya penggunaan masker, maka Nusa Penida akan dipandang tidak peduli dengan kesehatan. Untuk itu, bupati mewanti wanti supaya semua pihak menerapkan protokol kesehatan agar bisa menumbuhkan kepercayaan wisatawan untuk berkunjung ke Klungkung. *wan

Komentar