nusabali

Polisi Tangkap Ibu Pembuang Bayi

  • www.nusabali.com-polisi-tangkap-ibu-pembuang-bayi

Polisi saat ini masih fokus untuk mengungkap motif dan modus yang dilakukan oleh pelaku sehingga tega membuang bayinya sendiri.

SINGARAJA, NusaBali

Polisi menangkap pelaku yang diduga membuang bayi perempuan di pekarangan rumah kosong milik warga Dusun Kloncing, Desa Kerobokan, Kecamatan Sawan, Buleleng. Pelaku berinsial Made A, 24, ditangkap di kediamannya pada Rabu (26/3) siang sekitar pukul 14.00 Wita.

Kasubag Humas Polres Buleleng, Iptu Gede Sumarajaya mengungkapkan, pelaku yang diduga melakukan pembuangan bayi tersebut merupakan perempuan berinisial Made A, 24, asal Kelurahan Banyuning, Kecamatan Buleleng. Pasca diamankan, Made A hingga saat ini masih menjalani proses pemeriksaan oleh Unit PPA Satreskrim Polres Buleleng.

"Pelaku yang diduga melakukan pembuangan bayi di Desa Kerobokan sudah kami amankan, perempuan berinisial Made A. Saat ini yang bersangkutan masih diperiksa oleh penyidik Unit PPA Satreskrim Polres Buleleng. Sebelumnya belum sempat kami periksa karena kondisinya masih shock," jelas Iptu Sumarajaya saat dikonfirmasi Kamis (25/3) siang.

Menurut Iptu Sumarajaya, pelaku Made A merupakan ibu dari bayi yang dibuang tersebut. Polisi saat ini masih fokus untuk mengungkap motif dan modus yang dilakukan oleh pelaku sehingga tega membuang bayinya sendiri. Pihaknya juga masih mengumpulkan bukti-bukti yang memberatkan pelaku dalam kasus ini.

"Terduga pelaku masih kami mintai keterangan. Jika terbukti melakukan perbuatan itu, yang bersangkutan akan kami tetapkan menjadi tersangka. Kami juga masih memeriksa untuk mengungkap siapa ayah biologis dari bayi tersebut. Untuk lebih lengkap dan detailnya nanti kami sampaikan saat rilis kasus," jelas Iptu Sumarajaya.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, warga Dusun Kloncing, Desa Kerobokan, Kecamatan Sawan, Buleleng, dibuat geger dengan penemuan mayat bayi di pekarangan rumah kosong milik warga setempat, Selasa (23/3) sore sekitar pukul 16.00 Wita. Jasad bayi berjenis kelamin perempuan tersebut ditemukan dalam kardus di rumah milik Gusti Kade Dwi Okayasa.

Informasi yang dihimpun NusaBali, mayat bayi tersebut pertama kali ditemukan kerabat pemilik rumah bernama Gusti Ayu Suriatni. Suriatni yang awalnya bermaksud membersihkan rumah, mengambil kunci rumah yang biasanya diletakkan di bawah kardus. Namun betapa terkejutnya dia ketika mengangkat kardus, justru menemukan bayi yang diduga sudah tak bernyawa di dalamnya.

Suriatni kemudian berteriak memanggil kerabat di sebelah TKP untuk bersama-sama mengecek temuan mayat bayi berjenis kelamin perempuan dengan panjang 47 centimeter (cm) dan berat 3 kilogram (kg) tersebut, dan selanjutnya memberitahu sang pemilik rumah Gusti Kade Dwi Okayasa untuk segera menghubungi pihak dusun dan pihak kepolisian. *m

Komentar