nusabali

BKS-LPSD Gianyar Tempati Kantor Baru

  • www.nusabali.com-bks-lpsd-gianyar-tempati-kantor-baru

GIANYAR, NusaBali
Badan Kerja Sama (BKS) Labda Pacingkreman Desa atau Lembaga Perkreditan Desa (LPD) Kabupaten Gianyar, kini memiliki kantor baru secara mandiri di Jalan Banteng, Banjar Getas Kangin, Desa Buruan, Kecamatan Blahbatuh, Gianyar.

Kantor ini diupacara dengan Pacaruan Rsi Gana, Mlaspas, dan Piodalan pada Wraspati Kliwon Warigadian, Kamis (25/3).

BKS LPD Gianyar sebelumnya berkantor di Sekretariat Bersama Pembina LPD Kabupaten (PLPDK) Gianyar, Jalan Kebo Iwa, Kelurahan Gianyar. Upacara dipuput Ida Pedanda Nabe Putra Kekeran dari Griya Kekeran, Desa/Kecamatan Blahbatuh. Peresmian dilakukan Bupati Gianyar I Made ‘Agus’ Mahayastra, diwakili Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Gianyar, Ketut Mudana. Hadir, Kabag Ekonomi Setda Gianyar I Kadek Alit Wirawan, Muspika Blahbatuh, Ketua BKS-LPD se Bali I Nyoman Cendikiawan dan jajaran, dan Ketua LPD-se Bali,  dan undangan lain.

Ketua BKS LPD Gianyar I Wayan Artana melaporkan kantor tersebut dibangun di atas lahan 4,77 are bernilai Rp 1,4 miliar dan nilai bangunan Rp 3,8 miliar. Kantor dibangun secara gotong royong dengan dana talangan bersama sejak tahun 2019. Tercatat, 168 LPD dari 270 LPD se-Kabupaten Gianyar memberikan dana talangan antara Rp 1 juta - Rp 60 juta. Jumlah dana ini sesuai aset tiap LPD. Dana ini akan dikembalikan dari dana pemberdayaan LPD. Selain itu, ada juga dana talangan lunak atau tanpa bunga dan dana sponsor. Kantor ini selain untuk tempat rapat jajaran BKS LPD, juga sebagai wadah atau tempat belajar bagi jajaran pengurus hingga karyawan LPD. ‘’Selain untuk edukasi, kantor ini bisa menjadi laboratorium managemen atau tata kelola LPD,’’ jelas Ketua LPD Desa Adat Padang Tegal, Kelurahan Ubud ini.

Ketua BKS LPD Provinsi Bali I Nyoman Cendikiawan, dalam sambutannya menyampaikan selamat kepada jajaran BKS LPD Kabupaten Gianyar yang telah berhasil mewujudkan kantor. Bangunan relatif megah ini membuktikan BKS-LPD Gianyar telah bekerja keras, jelas, dan tuntas. Menurutnya, keberadaan bangunan ini secara tak langsung dapat memotivasi BKS-LPD kabupaten/kota di Bali agar dapat mewujudkan kantor serupa. ‘’Minimal gambar bangunan BKS-LPD ini bisa dipakai untuk pembangunan BKS-LPD lain,’’ ujar Ketua LPD Talepud, Desa Pupuan, Kecamatan Tegallalang, Gianyar ini.

Dia mengimbau kepada jajaran pemerintahan dan adat di Kabupaten Gianyar dapat memanfaatkan aula dalam kantor BKS-LPD ini untuk kegiatan rapat-rapat, pelatihan, dan sejenisnya. Dia menyampaikan kebanggaannya karena di Gianyar telah ada 270 LPD dengan aset per Desember 2020 mencapai Rp 5,4 triliun. 270 LPD itu mempekerjakan 1.690 karyawan dari. Dia menyampaikan, Kantor BKS-LPD Provinsi Bali pada lahan 10 are, di Jalan Sedap Malam, Denpasar, juga dibangun tahun 2021 dengan anggaran  Rp 5 miliar. BKS LPD di Bali yang telah memiliki kantor sendiri selain Gianyar, juga Jembrana, Tabanan, Badung, Bangli, dan Karangasem.

Bupati Gianyar I Made ‘Agus’ Mahayastra dalam sambutannya dibacakan Asisten 1 Setkab Gianyar Ketut Mudana mengharapkan, LPD untuk terus mengembangkan usaha di tengah pandemi Covid-19.

Selain berinovasi, pengurus LPD juga agar jujur dan adil. ‘’Kepada pengawas LPD, jika ada masalah agar segera diselesaikan dengan baik,’’ jelasnya. *lsa

Komentar