nusabali

300 Personel TNI-Polri Kawal Lima Warga Buleleng Ikut Aksi 212

  • www.nusabali.com-300-personel-tni-polri-kawal-lima-warga-buleleng-ikut-aksi-212

Pasukan gabungan TNI-Polri, Kamis (1/11) pagi kemarin merapatkan barisan dalam apel siaga di Mapolres Buleleng yang ditujukan untuk mengatensi aksi 212, di Lapangan Silang Monas Jakarta, Jumat (2/11) hari ini.

SINGARAJA, NusaBali

Dari 300 orang pasukan gabungan yang disiagakan juga akan mengawal ketat lima orang masyarakat Buleleng yang ikut serta dalam aksi tersebut.

Kabag Ops Polres Buleleng Kompol Joni Antara Putra,  yang bertindak sebagai  langsung apel mengatakan bukan hanya kekuatan dari Polri saja yang ditunjukkan. Personel TNI terutama dari matra Angkatan Darat, baik itu yang bertugas di Kodim 1609/Buleleng, Batalyon Infanteri 900/SBW, serta Sub Detasemen Polisi Militer Singaraja. Selain itu pasukan Brimob yang saat ini tengah melakukan bantuan pengamanan di Buleleng, turut disiagakan.

Menurutnya apel gelar pasukan dilakukan untuk mengantisipasi hal-hal yang tak diinginkan, terkait dengan aksi unjuk rasa di Jakarta. Meski lokasinya berada di Jakarta, namun aparat keamanan juga harus melakukan deteksi dini dan persiapan, untuk mengantisipasi letupan-letupan yang mungkin saja terjadi di daerah.

Apalagi saat ini kepolisian mengidentifikasi lima orang yang terlibat dalam aksi tersebut. Data tersebut pun kini sudah sampai pada pimpinna, yang nantinya dapat dijadikan bahan masukan dan rencana pengamanan. “Terkait keterlibatan lima orang masyrakat Buleleng, tetap akan kami pantau pergerakannya meski mereka mengikuti aksi di Jakarta,” ungkap dia.

Sementara itu, pihaknya juga mengatakan akan melakukan patroli bersama dengan TNI, yang akan menekankan perlindungan pada masyarakat, dan patroli dialogis untuk menjaga toleransi kebhinekaan. Pihaknya pun berharap dengan persiapan pengamanan yang sudah dirancang khusus, situasi tetap kondusif. Dan masyarakat tetap menanggapi segala permasalahan dengan kepala dingin sehingga toleransi antar umat dengan simbol kebhinekaan dapat terwujud. *k23

Komentar