nusabali

De Rossi Gabung Gli Azzurri

Jelang Italia vs Irlandia Utara

  • www.nusabali.com-de-rossi-gabung-gli-azzurri

FLORENCE, NusaBali
Mantan kapten tim AS Roma Daniele De Rossi kembali ke tim nasional Italia. Bukan sebagai pemain, tapi jadi bagian dari staf pelatih Gli Azzurri (sebutan timnas Italia), yang dipimpin Roberto Mancini.

Mantan gelandang 37 tahun itu dikontrak sampai usai Piala Eropa.  "Saya bangga memulai karier baru ini bersama tim nasional dan saya ingin berterima kasih kepada Presiden (FIGC) Gravina dan pelatih (Roberto) Mancini atas kepercayaan dan kesempatannya," ujar De Rossi.

"Akan menyenangkan kembali ke Coverciano, yang bagi saya berarti pulang ke rumah dan menemukan banyak mantan rekan setim dan teman-teman di antara staf dan di tim dan saya tidak sabar untuk memulai,"kata pemain yang pension 2017 lalu itu.

De Rossi mulai bergabung dengan timnas Italia pada Minggu (21/3), menjelang laga melawan Irlandia Utara, Bulgaria, dan Lithuania. Bergabungnya De Rossi disambut positif Roberto Mancini.

"Kami senang dia ada di sini bersama kami. Dia pemain penting dalam sepakbola Italia dan dia akan memberi kami lebih banyak pengalaman. Saya kira ini pilihan tepat untuk kedua pihak, " ujar Mancini, Senin.

De Rossi melakukan debutnya di timnas senior Italia pada September 2004. Dia mencatatkan 117 penampilan, 21 gol, dan ikut mengantar Italia jadi juara Piala Dunia 2006.

Italia menjamu Irlandia Utara pada matchday 1 Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa, di Stadio Ennio Tardini, Parma, Jumat dinihari. Di atas kertas, Italia sangat difavoritkan menjuarai grup ini. Pasalnya, Italia selalu menang tanpa kebobolan dalam tiga laga terakhirnya. Yakni, menang 4-0 atas Estonia di laga ujicoba, lalu mengalakan Polandia dan Bosnia di UEFA Nations League dengan skor identik 2-0. Sedangkan Irlandia selalu gagal menang di waktu normal dalam 10 laga terakhirnya. Selama periode itu, mereka kebobolan total 20 gol.

Berkaca pada performa dan kualitas skuad, Italia sangat pantas diunggulkan. Melihat catatan pertemuan, Italia memenangi enam dari sembilan bentrokan dengan Irlandia Utara.*

Komentar