nusabali

Tabanan Tuntaskan Vaksinasi Tenaga Kesehatan

  • www.nusabali.com-tabanan-tuntaskan-vaksinasi-tenaga-kesehatan

TABANAN, NusaBali
Pemkab Tabanan sudah menuntaskan vaksin terhadap tenaga kesehatan (nakes).

Kini giliran memvaksin tenaga pelayanan publik dan warga lansia. Namun ketersediaan vaksin untuk tahap II ini masin terbatas.

Data dari Dinas Kesehatan Tabanan, sasaran yang sudah menjalani vaksinasi dosis 1 dan 2, dari tahap vaksinasi I dan II, sampai 23 Maret 2021, sebanyak 85.755 orang. Namun terealisasi baru 11.085 orang atau 12,9 persen. Target vaksinasi dosis 2 sebanyak 85.755 orang, terealisasi baru 6.941 orang atau hanya 8,09 persen.

Kepala Bidang Penanganan Penyakit Menular (P2M) Dinas Kesehatan Tabanan dr Ketut Nariana, mengatakan ketersediaan vaksin masih terbatas sehingga vaksinasi untuk dosis 2 bagi pelayanan publik belum seluruhnya bisa disasar. "Vaksinnya dapat dikit-dikit, yang divaksin juga jadinya dikit-dikit," ujarnya Rabu (23/3).

Sementara orang yang sudah terjadwal mengikuti vaksinasi dosis 2 belum ada vaksin. Menurut dr Nariana sebenarnya vaksinasi II bisa diundur sampai tiga bulan. "Tetapi info ini tidak tertulis resmi dan agar menghindari ini. Kami selalu melakukan koordinasi dengan Pemprov Bali agar tidak terjadi hal ini. Vaksin hanya tersedia bagi sasaran yang divaksin kesatu dan kedua," katanya.

Kepala Dinas Kesehatan Tabanan dr Nyoman Suratmika, beberapa waktu lalu, menjelaskan Kabupaten Tabanan sebenarnya memiliki kemampuan untuk melakukan vaksinasi 2.000 orang per hari. "Asal vaksinnya ada, bisa melakukan vaksinasi untuk 2.000 orang per hari, karena vaksinator siap," katanya. *des

Komentar