nusabali

Gelap, 2 Jukung Nelayan Tabrakan

  • www.nusabali.com-gelap-2-jukung-nelayan-tabrakan

SEMARAPURA, NusaBali
Dua nelayan sedang melaut menggunakan jukung (perahu) di Perairan Buyuk, Desa Ped, Kecamatan Nusa Penida, Klungkung, ditabrak oleh jukung yang tak dikenal, Rabu (24/3) dinihari.

Seketika jukung nelayan itu terbalik. Sedangkan jukung yang menabrak langsung kabur. Pasca isiden tersebut, dua nelayan itu, Gusti Ngurah Cahyadi Wedanta,28, dan Gusti Ngurah Raka Martawan,37, asal Dusun Bias, Desa Kusamba, Kecamatan Dawan, Klungkung, mencoba bertahan dengan naik di atas jukung yang terbalik sembari menunggu jukung nelayan lain agar dapat menolong.

Beberapa saat kemudian, ada jukung lain mengevakuasi dua nelayan tersebut. Selanjutnya, kejadian ini dilaporkan kepada petugas kepolisian dan BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah)
Klungkung.

Kepala Pelaksana BPBD Klungkung I Putu Widiada mengatakan, tabrakan jukung tersebut terjadi Rabu dinihari sekitar pukul 05.00 Wita. Saat itu kondisi masih gelap, kedua jukung itu tidak menggunakan lampu penerang.

Setelah terombang-ambing di atas jukung, dua  nelayan itu minta pertolongan. Selanjutnya, kedua nelayan itu dievakuasi menuju Desa Kusamba, Kecamatan Dawan, Klungkung. Jukung yang tengah

rusak pada bagian kantihnya itu juga dievakuasi dan dititip sementara di pesisir wilayah Desa Ped, Nusa Penida. "Proses evakuasi juga dibantu petugas Balawista setempat," ujar Widiada.

Dua nelayan Kusamba itu menelan kerugian material kerusakan jukung sekitar Rp 11,5 juta. Jukung lain yang menabrak jukung korban, belum diketahui. *wan

Komentar