nusabali

Tiga Polres di Bali Terima Penghargaan Korlantas Polri

  • www.nusabali.com-tiga-polres-di-bali-terima-penghargaan-korlantas-polri

DENPASAR, NusaBali 

Tiga Polres di wilayah hukum Polda Bali dapat penghargaan dari Korlantas Polri.

Tiga Polres itu yakni Satlantas Polresta Denpasar juara 1 pendataan kecelakaan lalu lintas melalui aplikasi integrated road safety management system, Satlantas Polres Tabanan juara 3 lomba RSPA (road safety partnership action) 2020, dan Satlantas Polres Karangasem mendapat penghargaan dalam kategori program penggunaan helm bagi seluruh pengguna sepeda motor.

Hal ini diungkapkan Wakapolda Bali Brigjen Pol Drs I Ketut Suardana saat menghadiri acara launching Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) Nasional tahap 1 secara virtual di Gedung Perkasa Raga Garwita Polda Bali, Selasa (23/3). Wakapolda mengatakan sistem ETLE adalah salah satu program prioritas Kapolri. Sistem ETLE di era 4.0 dirasa sangat penting, di samping sebagai program prioritas Kapolri juga untuk mengikuti perkembangan zaman dalam memanfaatkan teknologi.

“Apabila program ETLE dapat berjalan dengan optimal, diharapkan mampu mengurangi potensi penyimpangan di lapangan. Baik yang dipicu oleh pelanggaran maupun petugas di lapangan, yang mungkin kedua belah pihak berupaya untuk melakukan tindakan transaksional,” tutur Brigjen Ketut Suardana. 

Untuk membangun sistem ETLE ini, ungkap jenderal bintang satu di pundak kelahiran Buleleng, ini Polri tidak bisa bergerak sendiri. Perlu adanya sinergitas antara stakeholders terkait demi meningkatkan kualitas penggunaannya. Hal itu karena sistem ini memerlukan sarana dan prasarana serta anggaran yang tidak sedikit.

Brigjen Ketut Suardana juga mengatakan, penggunaan handphone dan penggunaan helm masih menjadi dua permasalahan yang perlu mendapat perhatian khusus. Dia juga berharap Polres yang lain bisa meniru 3 Polres yang mendapatkan penghargaan tersebut. 

“Saya berharap Polres-Polres jajaran lainnya agar mencontoh tiga Polres ini agar mengurangi pelanggaran. Saya juga berharap petugas melakukan sentuhan khusus secara humanis untuk dapat menyadarkan penggunaan helm pada saat bepergian,” tandasnya. *pol

Komentar