nusabali

Buka Turnamen, Menpora Apresiasi Penerapan Prokes

  • www.nusabali.com-buka-turnamen-menpora-apresiasi-penerapan-prokes

SOLO, NusaBali
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali secara resmi membuka turnamen pramusim Piala Menpora, di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah, Minggu (21/3) petang.

Pada kesempatan itu, Zainudin mengapresiasi penerapan protokol kesehatan (prokes) pencegahan Covid-19.

Menpora yang didampingi Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan dan Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming menandai pembukaan turnamen dengan menekan tombol sirine di empat venue. Acara tetap menerapkan protokol kesehatan ketat di masa pandemi Covid-19.

Seremoni pembukaan dilakukan secara sederhana, dengan penyerahan bola dari Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan kepada wasit yang memimpin laga perdana antara Arema FC Malang vs Persikabo 1973.

Pada kesempatan itu, Zainudin Amali mengucapkan terima kasih kepada masyarakat pecinta sepak bola yang menonton pertandingan dari rumah setelah lebih dari satu tahun kegiatan sepak bola terhenti karena pandemi Covid-19 hingga akhirnya kini dimulai lagi dengan turnamen pra-musim Piala Menpora.

"Kami berharap nanti akan dilangsungkan lagi dengan kompetisi Liga 1 dan Liga 2 serta seluruh kegiatan sepak bola lainnya di Tanah Air," kata Zainudin Amali.

Menpora menjelaskan, industri sepak bola harus digerakkan kembali tetapi protokol kesehatan juga tetap harus dijaga. Menurutnya, sepakbola bisa maju jika semua pemangku kepentingan memberikan dukungan. Yakni, pemilik klub, suporter dan masyarakat. Bahkan, federasi, PSSI, dan para Komite Eksekutif (Exco) serta pengelola kegiatan-kegiatan persepakbolaan ikut mendukung.

Menpora mengapresiasi seluruh panitia penyelenggara dan PT LIB bersama jajarannya serta empat kota penyelenggara, yakni Surakarta, Sleman, Malang dan Bandung. Zainudin Amali juga mengapresiasi penerapan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 di Stadion Manahan, Solo, menjelang pembukaan Piala Menpora 2021 pada Minggu.

Piala Menpora diikuti 17 tim Liga 1 yang dibagi ke dalam empat grup yaitu Grup A (di Stadion Manahan, Solo), Grup B (Stadion Kanjuruhan, Malang), Grup C (Stadion Si Jalak Harupat, Bandung) dan Grup D (Stadion Maguwoharjo, Sleman).

Dari penyisihan grup, dua tim teratas melangkah ke babak delapan besar, lalu semifinal dan final. Juara Piala Menpora 2021 mendapatkan hadiah uang Rp 2 miliar. *ant

Komentar