nusabali

Kadisbud Nahkodai MGPSSR Kabupaten Badung

  • www.nusabali.com-kadisbud-nahkodai-mgpssr-kabupaten-badung

MANGUPURA, NusaBali
Kepala Dinas Kebudayaan Badung I Gede Eka Sudarwitha, terpilih untuk menahkodai Maha Gotra Pasek Sanak Sapta Rsi (MGPSSR) Kabupaten Badung masa bhakti 2021-2026.

Hal tersebut diputuskan dalam Lokasabha ke VIII di Ruang Kerta Gosana Puspem Badung, Minggu (21/3). Lokasabha yang mengagendakan laporan pertanggungjawaban pengurus masa bakti 2016-2021 dan pemilihan pengurus baru masa bakti 2021-2026 tersebut dibuka oleh Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta.

Ketua MGPSSR Kabupaten Badung I Gde Eka Sudarwitha, melalui momentum tersebut mengajak seluruh komponen pasemetonan untuk bersatu dan bersinergi bersama pemerintah dalam upaya-upaya pengentasan kemiskinan dan peningkatan kualitas SDM masyarakat. “Terlebih dalam upaya penanganan pandemi Covid-19, yang telah melemahkan seluruh sendi-sendi perekonomian masyarakat, kita harus bersatu,” ujarnya.

Mantan Camat Petang, ini juga berharap organisasi MGPSSR Kabupaten Badung, nantinya dapat menjadi lembaga yang tidak eksklusif. Namun, bergandengan tangan dengan lembaga umat dan adat dalam wadah desa adat yang mendorong dalam peningkatan kualitas yadnya dan pemahaman agama berdasarkan asas ‘wasudewa kutumbhakam’ (persamaan manusia dihadapan Tuhan).

Sementara itu, Bupati Giri Prasta berharap pengurus baru yang terpilih akan meneruskan apa yang telah dilakukan oleh pengurus lama. Sederhananya agata, watamana dan nagata (masa lalu, masa sekarang dan masa akan datang). “Yang dulu ada hal tidak baik kita tinggalkan, yang baik kita pertahankan, kita kuatkan dan kita lestarikan, yang sekarang kita lakukan dengan baik dan yang kedepan kita sempurnakan,” jelas Giri Prasta yang juga sebagai Ketua MGPSSR Provinsi Bali ini.

Lebih lanjut, Bupati Giri Prasta berpesan agar progam kerja MGPSSR harus senantiasa mengikuti dresta dan adat istiadat yang ada di masing-masing wilayah. Untuk itu, pihaknya meminta Semeton Pasek harus guyub ring semeton. “Rasa suka dan duka kita tanggung bersama dalam wujud gotong royong. Dan itu semua akan kami implementasikan dan gerakkan melalui keluarga besar MGPSSR,” tegasnya.

Selain Bupati Giri Prasta, Lokasabha ke VIII itu juga dihadiri oleh oleh Wakil Bupati I Ketut Suiasa, Wakil Ketua DPRD Badung I Wayan Suyasa, Sekda I Wayan Adi Arnawa, Forkopimda Badung, Ketua PHDI Badung Gede Rudia Adiputra, Pandita Pasek se-Badung, serta jajaran Pengurus MGPSSR Provinsi Bali dan Kabupaten Badung. *ind

Komentar