nusabali

Bupati Suwirta Ikuti Verifikasi Penghargaan APE Tahun 2020

  • www.nusabali.com-bupati-suwirta-ikuti-verifikasi-penghargaan-ape-tahun-2020

SEMARAPURA, NusaBali
Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta mengikuti acara verifikasi lapangan penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2020 oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Rabu (17/3).

Kegiatan secara virtual dari ruang rapat Praja Mandala Kantor Bupati Klungkung, dihadiri Ketua TP-PKK Ny Ayu Suwirta, Sekda Klungkung Gede Putu Winastra, serta sejumlah kepala OPD terkait lainnya.

Acara tersebut untuk melihat lebih dalam tentang data dan informasi terkait gender berdasarkan pengisian formulir evaluasi. Sehingga tim memperoleh data lebih lengkap, komprehensif dan objektif sebagai bahan penyusunan Indek Persamaan Gender dimulai tahun 2021. Selain itu, sebagai dasar pertimbangan dalam menominasikan calon penerima APE.

APE merupakan penghargaan yang diberikan kementerian/lembaga dan pemerintah daerah yang dinilai telah berkomitmen dalam pencapaian dan perwujudan kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak serta memenuhi kebutuhan anak. APE juga sebagai bentuk pengakuan atas komitmen dan peran para pimpinan kementerian/lembaga dan Pemkab dalam upaya memwujudkan kesetaraan dan keadilan gender dalam Strategi Pengarusutamaan Gender (PUG).

Bupati Suwirta menyambut baik pelaksanaan verifikasi lapangan yang dilaksanakan secara virtual tersebut. Melalui verifikasi nantinya akan diketahui perkembangan dan kemajuan pelaksanaan PUG di segala bidang pembangunan di Klungkung.

Bupati Suwirta mengatakan, pihaknya telah Pemkab telak melakukan pelbagai kegiatan berbasis PUG. Selama 7 tahun menjadi Bupati, dirinya telah memimpin kegiatan program Bedah Desa, dimana melalui program ini telah dipetakan berbagai persoalan mendasar masyarakat. "Lewat bedah desa banyak pula sejumlah solusi bisa diberikan untuk para wanita dan perempuan," ujarnya.

Di antaranya, lanjut Bupati, dilaksanakan pelatihan kerja untuk ibu rumah tangga dan para perempuan serta para penyandang disabilitas. Sejumah penyandang disabilitas juga bahkan telah diangkat menjadi pegawai kontrak di sejumlah OPD.  Program program kesempatan kepada perempuan juga telah dilakukan seperti pemberian jabatan kepada para wanita, tentunya penempatan tersebut sesuai dengan kualifikasi masing masing. “Meraih sebuah anugerah adalah bukan tujuan utama. Namun jika penghargaan itu berhasil diraih hal tersebut menandakan apa yang dikerjakan sudah sesuai standar yang telah ditetapkan. Ini tentunya menjadi penyemangat untuk bekerja lebih baik dalam pengarustamaan gender,” ujar Bupati Suwirta.

Hal senada disampaikan Ketua TP-PKK Klungkung Ny Ayu Suwirta, bahwa di masa situasi pandemi Covid-19 ini pihaknya selalu memantau ke masyarakat. TP-PKK dan organisasi wanita menggandeng OPD terkait berusaha dalam peningkatan kesejahteraan keluarga. Seperti mengadakan pelatihan kerja bagi warga yang mengalami kehilangan pekerjaan akibat pandemi Covid-19. Salah satunya dengan mengadakan pelatihan dan pemberdayaan pembuatan bon cabe dan saos tomat. Selain itu TP-PKK Klungkung juga telah memberikan bantuan bibit tanaman sayur dan bumbu dapur kepada masyarakat utamanya para ibu ibu PKK di desa. Sehingga dapat membantu meningkatkan ekonomi keluarga.*wan

Komentar