nusabali

Disdikpora Bangli Rencanakan Seleksi Paskibraka

  • www.nusabali.com-disdikpora-bangli-rencanakan-seleksi-paskibraka

BANGLI, NusaBali
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Bangli rencanakan menggelar seleksi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Bangli.

Disdikpora Bangli akan ke sekolah-sekolah untuk melakukan seleksi. Anggaran Paskibraka di tahun 2021 sekitar Rp 340 Juta.

Plt Kadisdikpora Bangli, Dewa Agung Putu Purnama, mengakui upacara HUT RI pada 17 Agustus 2021 belum dipastikan. Seperti tahun lalu, peringatan HUT RI melibatkan peserta terbatas. Bahkan Paskibraka tidak bertugas seperti sebelumnya. Meski demikian, untuk HUT RI tahun 2021, Disdikpora tetap merancang seleksi Paskibraka. “Ancang-ancang ketika HUT RI diperbolehkan dengan melibatkan Paskibraka, maka kami sudah siap,” ungkap Dewa Agung Putu Purnama, Kamis (18/3).

Jika nanti HUT RI dengan upcara bendera, maka siswa yang telah mengikuti seleksi tinggal mengikuti latihan saja. Para siswa yang akan diseleksi yakni siswa kelas X. Tidak hanya untuk Paskibraka di Kabupaten Bangli, juga dipersiapkan mengikuti seleksi di tingkat provinsi. “Kami segera ke sekolah-sekolah bersama Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Bangli,” ujarnya. Mantan Camat Tembuku ini menyebutkan sesuai dokumen pelaksanaan anggaran (DPA), anggaran Paskibraka tahun 2021 sebesar Rp 340 juta.

Berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya, anggaran Paskibraka di atas Rp 500 juta. Namun belakangan terjadi penurunan anggaran yang berimbas pada estimasi waktu latihan. Dewa Agung Putu Purnama kembali mengusulkan agar anggaran untuk Paskibraka tahun 2021 bisa ditingkatkan. *esa

Komentar