nusabali

Hari Ini, Presiden Jokowi akan Buka Mahasabha KMHDI Secara Virtual

  • www.nusabali.com-hari-ini-presiden-jokowi-akan-buka-mahasabha-kmhdi-secara-virtual

JAKARTA, NusaBali
Kesatuan Mahasiswa Hindu Indonesia (KMHDI) menggelar Mahasabha (Kongres) XII pada 18-23 Maret 2021 bertempat di Pusdiklat MK, Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Pembukaan Mahasabha akan dilakukan Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) secara virtual pada, Kamis (18/3) hari ini pada pukul 13.00 WIB.

Menurut Ketua Panitia Mahasabha XII KMHDI, Wiyan Martiwi, setelah acara pembukaan akan diisi dengan acara Leadership Talk secara virtual dengan pembica Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Bintang Puspayoga, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dan Najwa Shihab. Acara ini akan disiarkan melalui kanal Youtube KMHDI.

“Kami juga mengundang secara virtual anggota DPR RI Dapil Bali dan Dapil Kabupaten Bogor (Jawa Barat) untuk pembukaan serta Leadership Talk,” kata Wiyan Martiwi. Selanjutnya pada 19-23 diisi dengan kegiatan internal seperti sidang-sidang dan pemilihan Ketua Presidium PP KMHDI. Namun mereka belum bisa memastikan tanggal berapa pemilihan digelar. Ditambahkannya peserta Mahasabha sebanyak 150 orang yang berasal dari 22 provinsi.

“Untuk penutupan tanggal 23 nanti juga dilakukan secara virtual,” ungkap Ketua Departemen Organisasi PP KMHDI ini. Wiyan memastikan pelaksanaan Mahasabha dengan menerapkan protokol kesehatan (Prokes) Covid-19 ketat, termasuk tes antigen bagi peserta. Sementara kemarin peserta Mahasabha KMHDI sudah mulai berdatangan ke lokasi acara. Bahkan ada yang telah tiba sejak, Selasa (16/3). Salah satunya utusan KMHDI Sumatera Selatan (Sumsel).

"Kami sampai, Selasa lalu bersamaan dengan delegasi Sulawesi Tengah," ujar Ketua PD KMHDI Sumsel, Made Sudiyama kepada NusaBali, Rabu kemarin. Sudiyama mengatakan, dari Sumsel ada sembilan orang. Mereka merupakan pengurus PD KMHDI Sumsel, PC KMHDI Kota Palembang dan PC KMHDI OKU.

Selain PD KMHDI Sumsel yang telah tiba, delegasi dari daerah lainnya mulai berdatangan pula. Salah satunya dari Kalimantan Selatan (Kalsel) pada Rabu kemarin. Delegasi Kalsel berisikan lima orang. Rinciannya dua orang dari PC KMHDI Kota Banjarmasin dan tiga orang dari PC KMHDI Kota Banjarbaru.

"Dari PC Banjarbaru yang datang Ketua Demisioner, Ketua saat ini dan Kepala Bidang Kaderisasi. Sementara PC Banjarmasin, saya bersama Sekretaris," kata Ketua PC KMHDI Kota Banjarmasin, I Gede Andre Gunawan. Andre mengatakan, mereka sampai di Bandara Soekarna Hatta pukul 09.00 WIB.

Untuk pemilihan calon Ketua Presidium PP KMHDI, kata Andre, PC KMHDI Kota Banjarmasin dan Banjarbaru menjatuhkan pilihan kepada Lira Hartami. Menurut Andre, bukan hanya pihaknya saja mendukung pencalonan tersebut. Melainkan KMHDI di pulau Kalimantan bulat satu suara mendukungnya. "Regional Kalimantan, bulat satu suara mendukung Lira sebagai calon Ketua Presidium PP KMHDI. Lira merupakan Sekretaris PD KMHDI Kalteng periode 2020-2022," jelas pria yang berada di semester enam jurusan Administrasi Publik Universitas Lambung Mangkurat ini. *k22

Komentar