nusabali

Koeman Anggap Messi Figur Penting Sejarah Barca

  • www.nusabali.com-koeman-anggap-messi-figur-penting-sejarah-barca

BARCELONA, NusaBali
Lionel Messi berperan besar saat Barcelona menggusur Real Madrid dari posisi kedua klasemen sementara Liga Spanyol.

Bahkan Messi mencetak dua dari empat gol Barca saat mengalahkan Huesca 4-1 pada laga pekan ke-27, di Stadion Camp Nou, Selasa (16/3) dinihari Wita. Dua gol Barca lainnya dicetak Antoine Griezmann dan Oscar Minguez, sedangkan gol Huesca melalui eksekusi penalti Rafa Mir.

Kemenangan kali ini membuat Barcelona meraih 59 poin dan mengambil alih posisi kedua dari Real Madrid (57). Sedangkan Huesca (20) semakin terbenam di dasar klasemen.

Penampilan dominan diperlihatkan Barcelona hingga memiliki 71 persen penguasaan bola sepanjang laga. Permainan agresif Barca berbuah keunggulan saat laga berjalan 13 menit. Saat itu Messi beraksi melewati Jorge Polido sebelum melepaskan tendangan yang sempat membentur mistar gawang sebelum menjadi gol. Selanjutnya Messi mampu menghidupkan permainan Barca dan mendominasi permainan, baik pada babak pertama maupun kedua.

Selain itu, Messi mengukir namanya dalam catatan sejarah bersama Xavi pada daftar pemain dengan penampilan terbanyak bagi Barcelona sepanjang masa. Pemain Argentina itu menandai penampilannya ke-767. Laju Blaugrana pun meningkatkan tekanan pada Atletico Madrid dalam perburuan gelar Liga Spanyol.

Messi juga mencatatkan rekor lainnya dalam laga tersebut. Dia jadi satu-satunya pemain dalam sejarah Liga Spanyol yang mencetak 20 gol lebih untuk ke-13 musim berturut-turut.

Setelah awal musim yang lambat, Barcelona mendapatkan momentum dan kini memiliki peluang menjuarai kompetisi domestik. Pelatih Barca Ronald Koeman pun menyebut Messi sebagai "orang terpenting dalam sejarah" Barcelona. La Pulga juga menjadi actor penting kebangkitan Barca kali ini.

"Saya tidak tahu harus berkata apa lagi tentang Leo. Level yang dia jalani selama bertahun-tahun, dengan begitu banyak pertandingan. Leo orang terpenting dalam sejarah klub ini. Untung dia masih bersama kita,"kata Koeman.

Hasil imbang Atletico Madrid melawan Getafe pada akhir pekan lalu memungkinkan Barca untuk memangkas jarak di puncak klasemen menjadi empat poin. Namun masih ada 11 laga tersisa di musim ini, dan Koeman ingin timnya, yang sedang dalam "kepercaya diri tinggi," untuk terus berjuang. *ant

Komentar