nusabali

11.571 Warga Tabanan Sudah Divaksin

  • www.nusabali.com-11571-warga-tabanan-sudah-divaksin

TABANAN, NusaBali
Pemkab Tabanan sudah memvaksinasi Covid-19 warga sejak Januari 2021. Dari 315.000 sasaran vaksin, total warga sudah divaksin per Selasa (16/3), mencapai 11.571 orang.

Jumlah sasaran ini belum termasuk masyarakat umum, atau baru menyasar tenaga kesehatan, dan pelayanan publik.

Rencananya setelah menyasar pelayanan publik, para sulinggih di Tabanan ikut menjadi prioritas. Untuk diketahui,  Kabupaten Tabanan sudah menerima distribusi vaksin dari Pemrov Bali tiga gelombang. Gelombang I vaksin dikirim ke Tabanan 7.200 dosis, gelombang II 1.300 dosis dan gelombang II sebanyak 8.000 dosis. Total vaksin yang sudah diterima Kabupaten Tabanan 16.500 dosis.

Dari 16.500 dosis ini sudah digunakan 11.571 orang sehingga sisa vaksin 5.371 dosis untuk menyasar 2.680 orang.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tabanan dr Nyoman Suratmika mengatakan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Tabanan terus bertahap. Untuk saat ini masih menyasar pelayan publik, belum keseluruhan. "Karena vaksin belum ada, kami lakukan bertahap untuk vaksinasi ini," ungkapnya, Selasa (16/3).

Dikatakan, untuk pelayan publik vaksinasi rencananya dituntaskan bulan Juni 2021. Setelah itu rencananya akan menyasar para sulinggih di Tabanan. Ini sesuai dengan permintaan sejumlah perwakilan yang datang ke Dinas Kesehatan untuk memfasilitasi sulinggih ikut melakukan vaksinasi. "Untuk para sulinggih, kami masih mendata dan berproses," imbuhnya.

Dia menyebutkan nanti proses vaksinasi terhadap sulinggih ini akan dilakukan oleh puskemas masing-masing. Layanan vaksinasi bisa bersifat door to door apabila para Sulinggih tidak bisa datang ke pos pelayanan kesehatan vaksinasi. "Kami akan lakukan vaksinasi kelompok per kelompok, misalnya bisa ke puri, bisa kami ke griya untuk memvaksinasi. Sekarang tengah diatur," katanya.

Dengan adanya permintaan vaksin tersebut, kata Suratmika, khusus masyarakat di Tabanan, tidak takut divaksinasi Covid-19. Tidak seperti di luar daerah sampai dikejar petugas untuk ikut melaksanakan vaksinasi Covid-19. "Untuk sasaran vaksinasi ke sulinggih ini kami rencanakan segera, mungkin minggu ini sudah bisa," aku dr Suratmika.

Kata dia, vaksinasi terhadap masyarakat belum bisa dilakukan karena keterbatasan distribusi vaksin. Namun jika sudah ada vaksin, sasaran vaksinasi terhadap 315.000 masyarakat Tabanan bisa dilakukan sesuai pendataan sudah dilakukan di puskesmas masing-masing. "Kami masih tunggu saja distribusi vaksin dulu," imbuhnya. *des

Komentar