nusabali

Di Klungkung, Vaksinasi Massal Sasar 1.000 Warga

  • www.nusabali.com-di-klungkung-vaksinasi-massal-sasar-1000-warga

SEMARAPURA, NusaBali
Pemkab Klungkung menggelar vaksinasi Covid-19 massal menyasar 1.000 warga, Selasa (16/3).

Kegiatan ini dirangkai dengan peninjauan vaksinasi massal oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melalui zoom meeting, di Balai Budaya Ida Dewa Agung Istri Kanya, Klungkung, Selasa (16/3). Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta mengikuti acara kegiatan. Turut hadir, Sekda Klungkung I Gede Putu Winastra, Forum Kordinasi Pimpinan Darah (Forkopimda) Kabupaten Klungkung dan peserta vaksinasi.

Kepala Dinas Kesehatan Klungkung dr Ni Made Adi Swapatni mengatakan sasaran vaksinasi tersebut 1.000 orang. Dari jumlah itu, di Balai Budaya divaksinasi 275 orang yang terdiri dari 30 sulinggih, 175 pedagang, 25 pegawai UPT koperasi, 25 seniman, budayawan, pemuda, 15 orang dari FKUB, 10 sopir dan staf di pos pelayanan vaskinasi, puskesmas masing-masing. "Dari semua sasaran harus divaksin 70 persen. Target sampai bulan Juni. Sasaran utama diberikan kepada pelayanan publik dan warga lansia. Total pelayan publik 19,8 persen dan lansia 7,15 persen," ujar Adi Swapatni.

Bupati Suwirta mengatakan vaksinasi ini menjadi harapan bersama agar masyarakat bisa keluar dari tekanan ketakutan terhadap Covid-19 selama ini. Dia menilai masyarakat begitu antusias untuk ikut vaksinasi. Hal itu ditandai, belum jam dimulai banyak warga sudah datang untuk mendapatkan sebuah vaksin. ‘’Karena warga ingin segera menjalani hidup normal. Mudah-mudahan dengan harapan mereka setelah divaksin, kepercayaan mereka lebih tinggi lagi," ujar Bupati Suwirta

Bupati Suwirta juga berharap dengan vaksinasi ini masyarakat lebih percaya diri untuk menghadapi situasi normal ini. "Walupun sudah divaksin, saya berharap masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan dengan baik. Karena masih banyak yang belum divaksin, terutana anak-anak di bawah umur," imbuhnya.

Sementara itu, vaksinasi Covid-19 Sinovac tahap II, Selasa (16/3) pagi, juga menyasar anggota TNI, Polri, pegawai Pemkab Klungkung, termasuk awak media atau wartawan yang bertugas di Klungkung. Vaksinasi digelar di Puskesmas Klungkung I, Desa Gelgel, Kecamatan Klungkung. Setelah mendapat suntikan vaksin, mereka menerima sebuah sertifikat dari pesan SMS.

Pantauan di lapangan, ada 13 wartawan termasuk staf Bagian Humas Setda Klungkung. Sebelum divaksin, dilakukan pemeriksaan agar dapat mengetahui bahwa calon peserta vaksin siap dan dapat menerima vaksin, adapun pemeriksaan yang di lalui yaitui skrining terhadap peserta vaksin, dan terakhir melakukan pemeriksaan suhu dan tekanan darah.

Kepala Dinas Kesehatan Klungkung dr Ni Made Adi Swapatni mengatakan, selain wartawan dan staf Humas Pemkab Klungkung, vaksinasi juga menyasar petugas BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Klungkung, kepolisian, TNI, dan lainnya. "Vaksinasi massal juga digelar di Balai Budaya Ida Dewa Agung Istri Kanya, Klungkung," kata Swapatni.

Wakapolres Klungkung Kompol Luh Ketut Amy Ramayathi Prakasa mengatakan, kepada anggota yang telah divaksinasi agar tetap mematuhi protokol kesehatan. “Vaksinasi bagi seluruh anggota Polres Klungkung ini memang perlu dilakukan, karena polri sebagai garda terdepan dalam menghadapi Covid-19,” jelasnya. *wan

Komentar