nusabali

Vaksinasi Covid-19 Sasar Lansia

  • www.nusabali.com-vaksinasi-covid-19-sasar-lansia

TABANAN, NusaBali
Vaksinasi Covid-19 di Tabanan terus berlanjut. Seiring dengan berjalannya vaksinasi untuk pelayan publik, Pemkab Tabanan melalui Dinas Kesehatan mulai menyasar vaksinasi untuk warga lansia (lanjut usia).

Data terbaru, warga lansia yang sudah ikut vaksinasi tahap I mencapai 132 orang dan tahap II baru 22 orang. Kepala Dinas Kesehatan Tabanan, dr Nyoman Suratmika menjelaskan, vaksinasi terhadap warga lansia ini sesuai dengan arahan pusat. Syarat lansia yang bisa mengikuti vaksinasi adalah berusia diatas 59 tahun dan masih bisa beraktivitas. Jelas dia, vaksinasi di Tabanan masih terus berjalan. Bahkan sekarang vaksinasi sudah mulai menyasar lansia yang masih aktif beraktifitas. “Warga lansia yang sudah divaksin, masih sedikit. Karena menyesuaikan dengan jumlah vaksin,” ujarnya Jumat (12/3).

Kata dia, warga lansia yang sudah divaksin tersebut didata dari Puskemas masing-masing wilayah. Mereka yang mendapatkan vaksinasi ini ada pula yang nakes namun sudah lansia. “Untuk lansia yang lain kan masih menunggu vaksin. Nanti, begitu vaksin ada, mereka (lansia) akan divaksin. Sekarang vaksinnya belum ada,” tegasnya.

Terkait layanan vaksin terhadap pelayan publik masih terus dilakukan. Data terbaru per 12 Maret 2020, pelayan publik yang divaksin tahap I sudah 3.296 orang dan untuk vaksinas tahap II belum mulai dilakukan karena masih menunggu waktu mencapai 14 hari.

Untuk diketahui, sasaran vaksinasi Covid-19 masyarakat Tabanan 315.000 orang. Untuk itu, Tabanan memerlukan 630.000 dosis vaksin untuk tahun ini. Demi kelancaran vaksinasi, pelayanan fasilitas layanan kesehatan (fasyankes) sudah ditambah di Tabanan. Awalnya ada 28 fasyankes, kini menjadi 29 fasyankes seiring ditambahnya 1 fasyankes di klinik Polres Tabanan. "Kebutuhan petugas untuk vaksinasi sudah mencukupi, satu fasyankes dibutuhkan minimal ada 4 orang petugas. Di Tabanan yang bertugas melakukan vaksinasi sudah aman, petugas di puskesmas mereka sudah semua terlatih," tanda dr Suratmika. *des

Komentar