nusabali

SMK di Karangasem Gelar Pra UKK

  • www.nusabali.com-smk-di-karangasem-gelar-pra-ukk

AMLAPURA, NusaBali
SMK Negeri di Karangasem menggelar pra UKK (uji kompetensi keahlian), namun jadwalnya berbeda-beda. SMKN Amlapura menggelar pra UKK pada tanggal 2-23 Maret 2021.

Lamanya rentang waktu pra UKK karena ada pembatasan jumlah siswa ke sekolah di tengah pandemi Covid-19. Sarana dan prasarana juga terbatas sehingga jumlah siswa disesuaikan datang ke sekolah.  

Kasek SMKN Amlapura, I Wayan Artana mengatakan pra UKK diikuti 381 siswa dari 5 program keahlian. Pra UKK memerlukan waktu selama 18 hari. Misalnya, program keahlian keperawatan dengan 60 siswa setiap hari hanya mendatangkan 8 siswa. Tiap lab hanya untuk dua siswa. Tahapannya cukup banyak dan setiap siswa wajib mengikuti setiap tahapan itu. Begitu juga untuk program keahlian tata boga sebanyak 120 siswa, akomodasi perhotelan sebanyak 139 siswa, teknik kendaraan ringan sebanyak 31 siswa dan teknik sepeda motor sebanyak 31 siswa. “Usai pra UKK lanjut ujian sekolah pada tanggal 25-31 Maret dan UKK pada April 2021,” ungkap Wayan Artana, Kamis (11/3).

Terpisah, Kasek SMKN Manggis I Nyoman Wage telah melaksanakan UKK dari tanggal 9 Maret. Pra UKK melibatkan 349 siswa ini berakhir tanggal 16 Maret 2021. Jumlah siswa ke sekolah dibatasi dengan menjadwalkan secara bergantian. “Pra UKK mengedepankan protokol kesehatan,” ungkap Nyoman Wage. Sementara Kasek SMKN 1 Kubu I Nyoman Suarsana menjadwalkan pra UKK setelah ujian sekolah. Rencananya ujian sekolah digelar pada minggu keempat bulan Maret, selanjutnya minggu pertama April menggelar pra UKK. “Kami sedang mendata siswa,” kata Nyoman Suarsana. Sebab ada siswanya yang kawin sehingga perlu pendataan ulang. Kasek SMKN Bebandem I Wayan Darmayasa juga menggelar pra UKK yang diikuti 131 siswa usai ujian sekolah. *k16

Komentar