nusabali

Revitalisasi Pasar Gianyar Berlanjut

Tak Terpengaruh Refocusing APBD 2021

  • www.nusabali.com-revitalisasi-pasar-gianyar-berlanjut

Pemerintah saat ini memang kesulitan anggaran sebagai imbas penurunan pendapatan karena pandemi Covid-19.

GIANYAR, NusaBali

Pemerintah pusat hingga daerah telah merecofusing atau memfokuskan anggaran untuk biaya penanggulangan dampak pandemi Covid-19. Kebijakan ini tentu berimbas pada penundaan kegiatan maupun penyelesaian proyek pemerintah.

Namun di Gianyar, mega proyek revitalisasi Pasar Umum Gianyar dengan anggaran sekitar Rp 230 miliar, tak termasuk refocusing tersebut. Bupati Gianyar Made Agus Mahayastra,  Kamis (11/3), menyampaikan proyek Pasar Umum Gianyar berjalan sesuai kontrak sebelumnya dan tidak berkaitan dengan refocusing anggaran Pemkab Gianyar 2021.

Diungkapkan, di masa pandemi Pemkab Gianyar terus mendorong pembangunan di bidang ekonomi. Antara lain, dengan menyalurkan Kurda (Kredit Usaha Rakyat Daerah) Gianyar Aman Sejahtera. Kurda ini untuk masyarakat Gianyar termasuk pembangunan pasar yang menjadi skala prioritas. Bupati Mahayastra menjelaskan, revitalisasi Pasar Umum Gianyar dan Pasar Sukawati dan pembangunan pasar-pasar desa berperan besar untuk mengerakkan ekonomi masyarakat Gianyar.

Seperti, Revitalisasi Pasar Umum Gianyar merupakan proyek yang berlanjut dari tahun sebelumnya. Revitalisasi pasar didasarkan kontrak dengan pelaksana proyek di tahun sebelumnya. "Proyek revitalisasi Pasar Umum Gianyar akan tetap berjalan sesuai kontrak," ucapnya.

Bupati Mahayastra menegaskan pemerintah saat ini memang kesulitan anggaran sebagai imbas penurunan pendapatan karena pandemi Covid-19. Hanya saja, Proyek Revitalisasi Pasar Umum Gianyar ini berlanjut dari tahun sebelumnya. "Jadi proyek Pasar Umum Gianyar tetap berjalan sesuai kontrak dan tidak akan menganggu anggaran Pemkab Gianyar tahun 2021," tegasnya.

Sementara itu, Direktur Tunas Jaya Sanur Budi yang juga Pelaksana Proyek Pasar Umum Gianyar, saat dihubungi melalui via telepon, menyampaikan sampai saat ini pembangunan Proyek Revitalisasi Pasar Umum Gianyar tetap berjalan sesuai kontrak yang sudah disepakati. "Pencapaian progress saat ini berjalan sesuai dengan jadwal yang direncanakan ," ucapnya.

Budi menambahkan pencapaian progress pembangunan Pasar Umum Gianyar melebihi dari rencana. Seperti Minggu ke-29 atau hari ke-204 kalender proyek, progres pekerjaan +1,76 persen. "Rencananya pada minggu ke-29 adalah 41,32 persen, namun realisasi pekerjaan mencapai 43,09 persen," tambahnya. *nvi

Komentar