nusabali

Joachim Loew Segera Tinggalkan Timnas Jerman

  • www.nusabali.com-joachim-loew-segera-tinggalkan-timnas-jerman

BERLIN, NusaBali
Joachim Loew mempercepat kepergiannya dari Timnas Jerman. Awalnya usai Piala Dunia 2022, kini Loew akan mundur lebih cepat.

Tepatnya setelah Piala Eropa 2020. Keputusan ini diambil Loew setelah mempertimbang masak-masak. Loew sejatinya masih terikat kontrak hingga 2022 dan masih akan menangani tim di Qatar tahun depan.

Tapi, Loew merasa waktunya sudah habis bersama Jerman dan menginginkan suasana baru dalam kariernya. "Saya sudah mempertimbangkannya secara serius, dengan penuh kebanggaan dan rasa puas. Tapi, disaat bersamaan saya sangat termotivasi untuk tampil di Piala Eropa mendatang," ujar Joachim Loew seperti dikutip ESPN.

"Saya merasa bangga karena ini adalah sesuatu yang sangat spesial dan merupakan kehormatan untuk saya bisa berkontribusi untuk negara saya. Dan juga karena saya bisa bekerja dengan para pesepakbola terbaik yang ada di negara ini selama hampir 17 tahun, dan mendukung perkembangan mereka," sambungnya.

Loew di Timnas Jerman sejak jadi asisten Juergen Klinsmann pada 2004. Setelah Klinsmann mundur pasca Piala Dunia 2006, Loew menjadi pelatih kepala sejak itu sampai saat ini. Selama 15 tahun menangani Timnas Jerman, Loew memberikan gelara juara Piala Dunia 2014, Piala Konfederasi 2017, dan runner-up Piala Eropa 2008.

Dia juga membawa Jerman jadi semifinalis Piala Eropa 2016. Pelatih berusia 61 tahun itu punya 189 laga bareng Jerman dengan rasio kemenangan 63,49 persen alias 120 kemenangan. "Saya mengalami masa-masa jaya dan pahit bersama. Saya berutang budi kepada DFB yang memberikan lingkungan kerja yang ideal," tutup Loew. *

Komentar