nusabali

Perbekel Terpilih Hasil Pilkel Bangli 2021 Dilantik Hari Ini

  • www.nusabali.com-perbekel-terpilih-hasil-pilkel-bangli-2021-dilantik-hari-ini

BANGLI, NusaBali
Perbekel terpilih berdasarkan hasil Pemilihan Perbekel (Pilkel) serentak di Kabupaten Bangli yang digelar 18 Februari lalu akan dilantik, Rabu (10/3) hari ini.

Perbekel yang dilantik berasal dari 13 desa di dua kecamatan, yakni Kintamani dan Susut yang sebelumnya menggelar Pilkel secara serentak.  Pilkel serentak 2021 diikuti 11 desa di Kecamatan Kintamani, yakni Desa Batur Utara, Bayung Cerik, Batur Tengah, Kintamani, Manikliyu, Sekaan, Sukawana, Songan A, Songan B, Selulung dan Siakin. Selain itu juga diikuti 2 desa di Kecamatan Susut, yakni Desa Selat dan Desa Pengiangan

Kepala Bidang Pemerintahan Desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Bangli, Komang Agus Harimbawa, mengatakan pelantikan Perbekel terpilih akan berlangsung di Wantilan RSJ Provinsi Bali di Bangli. Proses pelantikan berlangsung secara tatap muka. Namun demikian pelaksanaan tetap sesuai protokol kesehatan Covid-19.

"Proses tetap tatap muka. Kami pastikan untuk pelaksanaan prokes tetap dijalankan," tegas Agus Harimbawa, Selasa (9/3). Apakah perbekel yang dilantik harus menunjukkan hasil rapid antigen, Agus Harimbawa mengatakan tidak ada kewajiban seperti itu, hanya mengikuti aturan secara umum seperti menggunakan masker. "Tidak ada, hanya kita siapkan ketentuan prokes secara umum saja. Pakai masker, nanti jarak diatur. Juga ditunjang sarana prasarana sesuai prokes," ungkapnya.

Direncanakan Perbekel terpilih dilantik oleh Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta. Di sisi lain, berdasarkan hasil pemungutan suara pada 18 Februari lalu ada 5 incumbent yang lolos dari 10 calon incumbent yang tarung kembali di Pilkel.

Adapun incumbent yang kembali lolos, yakni di Desa Selulung (Kecamatan Kintamani), I Putu Jaya Menala unggul dengan raihan 753 suara, di Pilkel Desa Siakin (Kecamatan Kintamani) I Gede Disi unggul dengan 605 suara. Berikutnya di Desa Songan A (Kintamani), I Ketut Artawan menang dengan perolehan 1.708 suara, Pilkel Kintamani (Kecamatan Kintamani) I Wayan Sutama lolos dengan perolehan 3.513 suara. Wayan Sutama merupakan calon tunggal di Desa Kintamani. Selanjutnya di Desa Batur Tengah, incumbent I Made Sasmika kembali pertahankan kursinya dengan perolehan 1.132 suara.

Kemudian di Pilkel Sekaan incumbent Putu Karyana hanya memperoleh 312 suara, sedangkan new comer I Wayan Muspa mendapat 693 suara. Jro Lanang yang kembali tarung di Pilkel Songan B hanya memperoleh 374 suara, sedangkan lawannya I Ketut Sabtu sukses raih 2.573 suara. Di Pilkel Bayung Cerik, incumbent I Wayan Kumpul mendapat 199 suara dan new comer I Nengah Mudayasa mendapat 312 suara. Lalu incumbent I Ketut Nonog di Pilkel Sukawana mendapat 702 suara sedangkan new comer I Wayan Mister mendapat 2.663 suara. Berikutnya I Made Tasdinas di Pilkel Batur Utara hanya mendapat 306 suara dan new comer I Wayan Tinggal mendapat 450 suara.

Sementara itu untuk Pilkel di Desa Manikliu, Desa Selat dan Desa Pengiangan seluruhnya diikuti calon new comer. Untuk Pilkel di Manikliu (Kintamani) dimenangkan I Wayan Suastika dengan perolehan 817 suara. Desa Selat (Kecamatan Susut) dimenangkan I Made Weda dengan perolehan 1.175 suara. Selisih cukup kecil dengan calon lainnya, yakni Nyoman Kandra dengan perolehan 1.045 suara. Sedangkan di Pilkel Pengiangan (Kecamatan Susut) dimenangkan I Ketut Gemuh dengan perolehan 1. 295 suara. *esa

Komentar