nusabali

Potensi Gelombang Capai 3 Meter

Nelayan Diimbau Waspada Saat Melaut

  • www.nusabali.com-potensi-gelombang-capai-3-meter

Potensi gelombang tinggi ini diakibatkan karena adanya belokan angin di wilayah Bali. Di samping karena saat ini masih musim hujan.

MANGUPURA, NusaBali

Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah III Denpasar, mengimbau para nelayan agar lebih waspada saat melaut dalam tiga hari ke depan. Pasalnya, dari analisa yang dilakukan, diperkirakan terjadi gelombang tinggi dari 1 meter hingga 3 meter di sejumlah perairan di sekitar Pulau Dewata.

Kepala Bidang Data dan Informasi BBMKG Wilayah III Denpasar Iman Fatchurochman, mengatakan dari hasil analisa yang dilakukan, intensitas gelombang per tanggal 9-12 Maret 2021 cukup tinggi. Gelombang tinggi dengan kisaran 1 meter hingga 3 meter lebih. Sementara, di Selat Lombok dan Selat Bali diperkirakan 1 meter hingga 2,5 meter.

Menurut Iman, potensi gelombang tinggi ini diakibatkan karena adanya belokan angin di wilayah Bali, yang menyebabkan terjadinya gelombang tinggi. “Kalau dari pemodelan, memang diakibatkan oleh belokan angin dan suhu muka laut yang mendukung terjadinya gelombang dan hujan dalam tiga hari ke depan,” terang Iman, Selasa (9/3).

Lebih jauh Iman mangatakan, selain karena saat ini masih musim hujan, potensi lainnya dikarenakan suhu muka laut berkisar antara 26 derajat hingga 30 derajat. Kondisi air laut itu memberikan kontribusi penguapan yang cukup tinggi untuk pembentukan awan hujan. Sehingga, hujan masih mengguyur wilayah Bali pada umumnya dan terjadi dari siang hingga sore.

“Untuk suhu udara di sekitar Bali, saat ini dari 22 derajat hingga 34 derajat, dengan kelembaban 60 hingga 95 persen. Sementara, massa udara basah terkosentrasi hingga lapisan 200 mb atau 1.200 meter,” kata Iman.

Melihat kondisi cuaca yang terjadi dalam waktu tiga hari ke depan, Iman berharap masyarakat terutama para nelayan untuk lebih memperhatikan kondisi cuaca saat berlayar. Meski tidak ada larangan melaut, dia berharap agar waspada saat berada di tengah laut. Hal ini semata mengantisipasi hal yang tidak diinginkan.

“Potensi gelombang tinggi itu memang ada. Tapi, kami harap kewaspadaan nelayan saja. Ya, imbauan ini sebagai salah satu panduan bagi para nelayan sebelum melaut,” kata Iman. *dar

Komentar