nusabali

Pemain Muda Bisa Tampil Di Kualifikasi Piala Dunia

  • www.nusabali.com-pemain-muda-bisa-tampil-di-kualifikasi-piala-dunia

JAKARTA, NusaBali
Pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong mengatakan, beberapa pemain Timnas SEA Games dipertimbangkan memperkuat skuad Garuda Senior, dalam lanjutan Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia pada Juni 2021.

Namun Shin masih harus melihat lagi kemampuan mereka.  Timnas persiapan SEA Games 2021 dihuni pemain-pemain yang berasal dari setidak-tidaknya tiga kelompok umur yaitu U-19, U-22 dan senior. Berkaca dari regulasi SEA Games 2019, tim peserta hanya boleh diperkuat pemain berusia maksimal 22 tahun (U-22). Namun setiap tim dapat memasukkan maksimal dua pemain senior, yang berumur lebih dari 22 tahun.

Sedangkan timnas Kualifikasi Piala Dunia 2022 adalah timnas senior. Ada beberapa nama pemain senior di skuad SEA Games, yakni Evan Dimas, Adam Alis, Dendy Sulistyawan, Rizky Pellu, Kushedya Hari Yudo, Arif Satria, Andik Rendika dan Nadeo Argawinata.

Meski demikian, tidak menutup pula kemungkinan masuknya pemain belia ke timnas senior untuk Kualifikasi Piala Dunia 2022. Sebab Shin selalu membuka kesempatan bagi seluruh pemain memperkuat timnas Indonesia.

“Semua pemain Indonesia baik di dalam maupun luar negeri diharapkan menunjukkan kemampuan terbaik begitu mendapatkan kesempatan bermain untuk tim nasional,”kata Shin Tae-yong.

Sedangkan soal pemain SEA Games 2021, Shin Tae-yong mengataka, mereka belum terbiasa dengan formasi 4-4-2 meski mencatatkan dua kemenangan pada laga uji coba yaitu atas Tira Persikabo pada Jumat (5/3) dan Bali United, Minggu (7/3).

Timnas, kata pelatih asal Korsel itu, harus bekerja keras agar fasih menjalankan strategi dengan formasi 4-4-2. Jika sudah fasih, timnas baru akan diberikan bekal formasi lain, seperti 4-3-3 dan 3-5-2.

Penyerang timnas SEA Games Osvaldo Haay mengakui, dirinya masih kesulitan dalam menerapkan taktik Shin di lapangan, terutama saat mengalirkan bola. Haay mengaku memang terbiasa bermain dengan pola 4-3-3 atau 4-2-3-1 di timnas, sebelum dilatih Shin Tae-yong, dan bertugas sebagai penyerang sayap atau penyerang tengah.

Pada era Shin, Osvaldo baru bermain saat melawan Bali United dan menjadi salah satu dari dua penyerang di lini depan. Haay mengakui masih banyak kekurangan, salah satunya masih lambat dalam mengalirkan bola ke kiri dan ke kanan. *ant

Komentar