nusabali

UMKM Pertajam Pemasaran Digital

Pasarkan Bawang Merah

  • www.nusabali.com-umkm-pertajam-pemasaran-digital

DENPASAR,NusaBali
Mendorong pemasaran produk, pelaku UMKM dituntut kreatif. Bukan saja melalui pemasaran offline, namun tak kalah penting adalah  pemasaran online atau digital.

Seperti yang dilakukan Kelompok Tani Sari Pertiwi Klaster Bawang Merah di Desa Songan, Kecamatan Kintamani, Bangli.

Mempertajam pemasaran digitalnya Kelompok Tani  Sari Pertiwi ini, menyediakan barcode untuk akses segala informasi menyangkut klaster bawang merah tersebut.

“Mau  tidak mau, di era digital ini  UMKM wajib menyiapkan strategi untuk memasarkan produk,” ujar I Komang Sukarsana, Ketua Kelompok Tani Sari Pertiwi, Senin (8/3).

Semua itu untuk menjawab pergeseran pasar  yang memang sudah terjadi, dari sistem offline atau konvensional ke system pemasaran digital.

“Sudah jelas sistem ini akan sangat membantu pemasaran,” ujar Sukarsana, yang merupakan binaan dari Bank Indonesia Provinsi Bali.

Dengan sistem barcode tersebut, konsumen sudah mendapat informasi semua informasi produk bawang merah, lanjut transaksi.

“Ya produk UMKM pun tak kalah dalam soal sistem pemasaran,” ujar Sukarsana bangga. Dia optimistis sistem tersebut mampu menggenjot pemasaran produk kelompoknya. *K17

Komentar