nusabali

SMPN 1 Amlapura Bagikan Buku Paket

  • www.nusabali.com-smpn-1-amlapura-bagikan-buku-paket

AMLAPURA, NusaBali
SMPN 1 Amlapura bagikan buku paket kepada siswa kelas VII dan kelas VIII di sekolah setempat, Jalan Ngurah Rai Amlapura, Senin (8/3).

Kasek SMPN 1 Amlapura I Komang Suweca menghadirkan siswa tiap satu jam sebanyak dua kelas. Siswa kelas VII sebanyak 10 kelas dan siswa kelas VIII sebanyak 10 kelas. Buku paket itu untuk materi pembelajaran jarak jauh, daring (dalam jaringan) ataupun luring (luar jaringan).

Kasek Komang Suweca menegaskan, mendatangkan siswa ke sekolah dibagi per kelas untuk mencegah terjadinya kerumunan. Siswa yang hadir ke sekolah wajib pakai masker. Tiba di sekolah, para siswa dianjurkan mencuci tangan pakai sabun pada air mengalir. Selanjutnya datang ke perpustakaan untuk menerima buku pelajaran. Petugas perpustakaan mendata siswa yang pinjam buku paket. Setelah menerima buku paket, para siswa dipersilakan pulang.

Komang Suweca mengaku pelajaran daring dan luring bisa berjalan walau terjadi hambatan. “Hambatannya terutama di kelas VII pada mata pelajaran bahasa Inggris. Kesulitan mengajar bahasa Inggris melalui daring,” katanya. Beda dengan mata pelajaran bahasa Bali karena di SD (Sekolah Dasar) telah dapat dasar-dasar pelajaran itu. Diakui, paket internet sempat menjadi kendala karena kiriman dari pusat hanya sampai bulan Februari, belum dapat kiriman untuk paket internet bulan Maret.

Terpisah, Kasek SMPN 2 Selat I Wayan Mustara juga telah membagikan buku paket untuk 228 siswa kelas VII dan 254 siswa untuk kelas VIII. “Kami bagikan buku paket untuk 16 siswa tiap 30 menit, Sehingga terhindar dari kerumunan siswa,” kata Wayan Mustara. Diakui, pembelajaran tetap PJJ (pembelajaran jarak jauh) sebagian besar melalui daring. “Bagi yang bermasalah karena jaringan internet terhambat, materi pelajaran bisa diambil di sekolah, selanjutnya setor tugas ke sekolah,” jelasnya.

Kasek SMPN 6 Amlapura I Komang Suda mengaku belum bisa bagikan buku paket untuk kelas VII, kelas VIII, dan kelas IX yang berjumlah 435 siswa. Sebab petugas perpustakaan masih berhalangan. “Kami sudah jadwalkan pembagian buku paket untuk siswa kelas IX serta pemberitahuan lebih lanjut mengenai tugas-tugas siswa, jadwalnya pada tanggal 9-10 Maret,” kata Komang Suda. *k16

Komentar