nusabali

Dimohon Puluhan Tahun, Akhirnya Damkar Tabanan Punya 2 Mobil Baru

  • www.nusabali.com-dimohon-puluhan-tahun-akhirnya-damkar-tabanan-punya-2-mobil-baru

TABANAN, NusaBali
Setelah dimohon sejak puluhan tahun, akhirnya Unit Pemadaman Kebakaran (Damkar) Kabupaten Tabanan mendapatkan tambahan 2 unit mobil Damkar baru.

Penyerahan mobil seharga Rp 3 miliar lebih ini dilakukan langsung Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Satpol PP Kabupaten Tabanan, Senin (8/3).

Dua unit mobil Damkar tersebut masing-maisng memiliki kapasitas tangki 3.000 liter air. Kapasitas yang diberikan menyesuaikan dengan kondisi perumahan penduduk yang memiliki gang sempit. Dengan sudah terealisasinya 2 unit Damkar ini, Unit Damkar Tabanan kini memiliki 5 unit damkar.

Kepala Satpol PP Tabanan  I Wayan Sarba mengatakan anggaran pembelian 2 unit mobil Damkar dari APBD Tabanan 2021. Setelah diajukan sejak puluhan  tahun lalu, baru kali ini akhirnya terealisasi dan diserahkan bertepatan dengan HUT Satpol PP. "Syukur 2 unit Damkar tereliasi, ini sangat membantu sekali dalam bekerja pemadaman," tegasnya.

Menurut dia, 2 unit Damkar baru ini bisa dipakai melengkapi kendaraan milik Damkar Tabanan yang usianya sudah tua dan kerap rusak. Dengan sudah direalisasikan mobil baru, maka 2 unit Damkar yang sudah rusak rencananya akan dihapus dari aset. "Dua kendaraan Damkar itu akan kami hapus dari aset. Sebab sudah tidak bisa berfungsi dengan baik," tambah Sarba.

Sementara itu, bertepatan dengan HUT Satpol PP ke – 71, Sarba berharap kinerja Satpol PP bisa ditingkatkan. Khusus bagian Pemadam Kebakaran dia berharap direalisasikan mendirikan Pos Pemadam Kebakaran di Kecamatan Baturiti dan Kecamatan Selemadeg.

Tujuan pos dibuat untuk mempercepat penanganan menyasar daerah yang jauh dari Kota Tabanan, jika terjadi kebakaran. "Kami sudah sampaikan hal itu ke pimpinan, mudah-mudahan bisa terealisasi. Penambahan pos Damkar ini untuk membantu mempercepat penanganan jika terjadi kebakaran. Kalau selama ini karena terlalu jauh, maka kami  sulit bisa menjangkau sasaran secara cepat saat ada musibah," tegasnya.

Sarba menambahkan penambahan 2 unit Damkar tersebut juga digunakan sebagai antisipasi memasuki musim kemarau. Biasanya jika musim kemarau, TPA Mandung di Desa Sembung Gede, Kecamatan Kerambitan, rawan terjadi kebakaran.*des

Komentar