nusabali

Wabup Kasta Tinjau Vaksinasi Covid-19 di Akah

  • www.nusabali.com-wabup-kasta-tinjau-vaksinasi-covid-19-di-akah

SEMARAPURA, NusaBali
Wakil Bupati (Wabup) Klungkung I Made Kasta meninjau pelaksanaan program vaksinasi Covid-19 tahap I di Balai Desa Akah, Kecamatan Klungkung, Senin (8/3).

Kegiatan dimulai pukul 08.00 Wita diikuti 50 peserta, terdiri dari 35 warga lansia (lanjut usia) dan 15 perangkat desa setempat.

Kepala Puskesmas Klungkung II drg Kadek Asri Susanti Dewi mengatakan, para lansia yang mengikuti vaksinasi berusia di atas 60 tahun ke atas. Dimasukkannya 15 orang perangkat desa dalam kepesertaan kegiatan ini karena para perangkat desa sering beraktivitas bertemu warga. "Untuk memperlancar proses vaksinasi, kami menerjunkan 12 petugas," ujarnya.

Sebelum disuntik vaksin, seluruh peserta melakukan pendaftaran dan verifikasi data,  dan pengecekan kondisi Kesehatan. Seperti pengukuran suhu tubuh dan tekanan darah. Vaksin ini membutuhkan dua kali penyuntikan masing-masing sebanyak 0,5 mili liter. "Khusus untuk para lansia jarak waktu vaksinasi pertama dan kedua 28 hari," ujar Kadek Susanti.

Wabup Made Kasta menyampaikan apresiasi terhadap antusiasme warga yang ingin mengikuti program vaksinasi ini. Wabup Kasta meminta warga untuk bersabar menanti giliran divaksin, mengingat stok vaksin yang masih terbatas. Dia juga mengingatkan, meskipun telah melakukan vaksinasi, semua peserta wajib menerapkan protokol kesehatan (prokes) dalam aktivitas sehari-hari. Prokes dimaksud, mencuci tangan pakai sabun pada air mengalir, menjaga jarak, dan memakai masker. *wan

Komentar