nusabali

Muara Sungai Goa Gong Penuh Sampah

  • www.nusabali.com-muara-sungai-goa-gong-penuh-sampah

MANGUPURA, NusaBali
Banjir yang terjadi di Bypass Ngurah Rai, Kelurahan Jimbaran, Kecamatan Kuta Selatan, Badung, Senin (8/3) pagi dipicu banyaknya sampah yang menumpuk di sungai dan menutup aliran air ke drainase.

Guna mengantisipasi terulangnya kejadian banjir, petugas Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (LHK) Badung, berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Badung, untuk pembersihan sejumlah sungai di wilayah Kecamatan Kuta Selatan termasuk di muara sungai Goa Gong.

Petugas Dinas LHK Badung I Made Gede Dwipayana, mengatakan upaya pembersihan alur sungai di muara Goa Gong berada di Dinas PUPR Badung. “Namun, bukan berarti semata dibebankan kepada dinas terkait. Apakah nantinya dilakukan pihak Dinas LHK atau Dinas PUPR atau secara bersama-sama. Kalau pembersih sampah itu di Dinas PUPR, kalau penanganan, tentu kita tunggu koordinasi lanjutan,” katanya, Senin (8/3) sore.

Menurut dia, guna mencegah terjadinya banjir yang disebabkan sampah, pihaknya terus bersinergi dengan dinas terkait untuk melakukan pembersihan alur sungai. Termasuk di muara Goa Gong yang masih banyak tumpukan sampah berupa ranting dan pohon kayu. “Kondisi sampah di muara itu masih menunggu koordinasi,” tandasnya.

Sementara, Kadis PUPR Badung Ida Bagus Surya Suamba, mengatakan akan melakukan penanganan sampah dan berkoordinasi dengan Dinas LHK. Rencananya, proses pengangkatan sampah akan dilakukan pada Selasa (9/3) hari ini. “Segera di tangani. Nanti kita koordinasikan dengan instansi terkait,” katanya. *dar

Komentar