nusabali

KONI Badung Bersikukuh Minta Porprov Diundur 2023

  • www.nusabali.com-koni-badung-bersikukuh-minta-porprov-diundur-2023

MANGUPURA, NusaBali
Gelaran Porprov Bali XV/2022 di Kabupaten Badung kemungkinan besar akan tidak bisa terlaksana pada tahun 2022.

KONI Kabupaten Badung secara terang-terangan berat dari sisi anggaran akibat Pandemi Covid-19, sektor pariwisata anjlok yang berdampak terhadap pendapatan pemerintah.

Hal itu sangat berimbas pada anggaran yang akan diplot pada KONI Kabupaten Badung. Apalagi gelaran Porprov membutuhkan biaya cukup banyak yakni kisaran puluhan miliar ruiah. Kondisi itu membuat KONI Badung kukuh dengan keputusannya untuk menunda pelaksanaan Porprov pada tahun 2022. Dan diusulkan mundur pada tahun 2023.

"Usulan kami KONI Badung memang demikian, Porprov kita usulkan baru digelar tahun 2023 nanti," kata Ketum KONI Badung, Made Nariana, Senin (8/3).

Jika usulan KONI Badung diterima dalam Rapat Anggota Tahunan (RAT) KONI Bali secara virtual pada Selasa (9/3) artinya Porprov Bali terpotong satu siklus. Di siklus tahun 2021 murni tidak ada gelaran multi event dua tahunan antar Kabupaten/Kota di Bali. Mengingat, Porprov Bali XIVterakhir digelar di Kabupaten Tabanan pada tahun 20219. Jadi, Porprov yang semestinya digelar tahun 2021, karena situasi Pandemi Covid-19 digeser tahun 2022. Namun pada akhirnya Badung mengusulkan digeser ke tahun 2023.

Menanggapi hal itu, menurut Nariana,  semua ini karena Covid-19 yang tidak jelas akan kapan berakhirnya. Dan dampak dari semua itu yang paling merasakan adalah Kabupaten Badung. Sebab Badung selama ini pendapatan daerah bersumber dari Pariwisata. Kondisi Pariwisata saat ini anjlok, dan kami sangat memaklumi keuangan yang ada.

"Kami sudah komunikasi dengan sejumlah petinggi KONI di daerah lainnya. Lobi dan menyampaikan kondisi Badung saat ini. Dominan dari mereka justru mendukung KONI Kabupaten mendukung untuk mengundur gelaran Porprov," tegas Nariana, yang juga menurut pria yang juga eks Ketua Umum KONI Bali itu.

Jadi, kata Nariana, pihaknya tidak ingin Porprov tetap dipaksakan di tahun 2022, tapi hanya sekedar mempertandingkan beberapa cabor saja. Termasuk jika seandainya disebar ke sejumlah daerah. Namun Badung lebih ingin mempasilitasi mempertandingkan semua cabor lebih banyak lagi. Tapi Porprov digelar tahun 2023 mendatang. *dek

Komentar