nusabali

'Surya Galang Ring Bali' Dirilis

Lagu Karya Manik Bertabur Bintang

  • www.nusabali.com-surya-galang-ring-bali-dirilis

Lagu ini merupakan kolaborasi ‘ngayah’ untuk memotivasi masyarakat Bali yang saat ini masih didera pandemi Covid-19.

DENPASAR, NusaBali

Berawal dari tahun 2002, Manik Tenaya menciptakan lagu 'Surya Galang Ring Bali' yang kemudian dirilis di tahun 2003 dalam albumnya yang bertajuk 'Ngulgul Hati'. Kala itu, telah terbayang dalam benaknya bahwa lagu ini akan dinyanyikan secara kolosal, namun di tahun 2003 tersebut, lagu ini tidak dibuatkan video klipnya.

“Niat saya waktu itu hanya untuk mendoakan dan memberikan motivasi Bali lewat lagu agar selalu dilindungi dan tetap sejahtera masyarakatnya, terhindar dari bencana seperti Bom Bali I yang terjadi sebelum lagu ini diciptakan. Saat membuat lagu ini, saya sudah membayangkan akan dinyanyikan banyak orang dengan klip yang kolosal,” ujar Manik Tanaya kepada awak media, Minggu (7/3).

Kala itu, lagu ini akhirnya tidak banyak diketahui publik. Kendati demikian, Manik Tenaya tetap memiliki harapan untuk melanjutkan lagu ini. Akhirnya di tahun 2021, project lagu kolosal ini dapat terealisasi. Digarap sejak Januari 2021, lagu ini secara resmi kembali dirilis pada Minggu (7/3), dengan video klip kolosal yang dirilis di kanal YouTube Manik Tenaya.

Didukung oleh artis-artis Bali, project kolosal ini diisi oleh Widi Widiana, Dek Ulik, Dewi Pradewi, Putri Bulan, Wahyu Katak, Agung Ocha, Gus Yuda, Mitha Wulandari, Arya KDI, Lebri Partami, dan Ayu Saraswati. Tak ketinggalan, musisi-musisi berbakat Bali dari grup Sound of Mind, Iwan dan Krisna yang turut bergabung karena turut prihatin dengan kondisi Bali saat ini.

Selain itu, karya ini juga didukung oleh seniman-seniman Bali yang telah mendunia, yaitu Haridwipa Gamelan Group, Pancer Langit, Nyoman Suwida dan Genggong Kutus, dan paduan suara INTI Bali. Tak lepas dari tujuan awal saat lagu ini diciptakan, lagu ini merupakan kolaborasi ‘ngayah’ untuk memotivasi masyarakat Bali yang saat ini masih didera pandemi Covid-19.

“Tidak ada kesulitan berarti, semua teman-teman yang saya hubungi sesuai kriteria saya menyetujui, termasuk Sila Home Studio, tanpa saya harus membayar honor sepersenpun untuk semua, dan berkomitmen bahwa lagu ini untuk memotivasi masyarakat Bali yang sekarang sedang susah karan pandemi, dan semua ngayah,” tandasnya. *cr74

Komentar