nusabali

Piala Menpora 2021: Bali United Satu Grup Bersama Persib di Sleman

  • www.nusabali.com-piala-menpora-2021-bali-united-satu-grup-bersama-persib-di-sleman

JAKARTA, NusaBali.com
Bali United akan bertarung di Grup D Piala Menpora 2021 yang digelar di Sleman. Dalam turnamen pramusim itu, Serdadu Tridadu bersaing bersama Persib Bandung,  Persiraja Banda Aceh dan Persita Tangerang.

Kepastian pembagian grup ini dilakukan berdasar drawing di Hotel Fairmont, Jakarta, Senin (8/3/2021) malam.  Grup D sendiri akan bermain di Sleman, Yogyakarta dengan berhome base Stadion Maguwoharjo, Sleman. 

"Kabar bagus tim Bali United berada di Grup D. Grup ini diisi tim yang bagus dan terpenting sepak bola Indonesia sudah bisa kembali terlaksana dengan situasi yang berbeda. Semua orang tentu sangat senang mengenai hal ini. Saya pikir target pertama adalah tim bisa lolos grup," ungkap pelatih Bali United Stefano ‘Teco’ Cugurra.

Grup D relatif tidak sekeras grup lainnya. Grup B dan C menjadi yang masuk kategori grup neraka. Persija Jakarta yang sudah lebih dulu masuk Grup B kebagian jatah melawan Bhayangkara Solo FC, Borneo FC, dan PSM Makassar.

Sementara Grup C diisi oleh mayoritas klub asal Jawa Timur. Ada Persebaya Surabaya, Persik Kediri, Persela Lamongan, PSS Sleman, dan Madura United. "Sekali lagi yang menjadi perhatian adalah protokol kesehatan. Semoga sajian dalam Piala Menpora 2021 bisa menjadi trigger bagi masyarakat agar patuh menjalankan protokol kesehatan," ujar Ketua Organizing Committee (OC) Piala Menpora 2021, Akhmad Hadian Lukita.

Kick off Piala Menpora rencananya akan digelar di Stadion Manahan Solo pada Minggu (21/3/2021).
Grup A yang dilangsungkan di Solo, dihuni persaingan keras Arema FC, PSIS Semarang, Barito Putera, Tira Persikabo dan Persipura Jayapura.

Piala Menpora ini akan digelar sekitar 35 hari. “Kami meyakini turnamen Piala Menpora 2021 punya dampak besar bagi kelangsungan kompetisi Liga 1 2021-2022," ujar Lukita.

Sebelumnya Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali meyakini turnamen pramusim Piala Menpora 2021 bisa menjadi kesempatan bagus bagi para pemain tim nasional yang dipersiapkan untuk SEA Games 2021 untuk memulihkan kondisi fisiknya.

Menurut Zainudin, penampilan para pemain timnas pada dua laga uji coba di Stadion Madya Gelora Bung Karno belum maksimal, mengingat sudah terlalu lama rehat dari kompetisi. Piala Menpora 2021 diharapkan meningkatkan performa demi SEA Games 2021.

“Teman-teman bisa lihat bagaimana orang yang berhenti bertanding dalam satu tahun. Kasihan mereka harus recovery. Mudah-mudahan pada saat Piala Menpora nanti tidak terlalu jauh perbedaannya sehingga klub-klub bisa menggunakan kesempatan ini untuk me-recovery,” tutur Zainudin dalam jumpa pers virtual di Jakarta, Senin.

Penurunan kondisi fisik memang menjadi salah satu catatan pelatih Shin Tae-yong dalam dua laga uji coba kemarin. Meski meraih dua kemenangan, pelatih asal Korea Selatan itu menilai fisik pemain-pemainnya harus terus digenjot karena masih berada pada angka 60-70 persen. Oleh karena itu, dia meminta para pemain timnas dapat memanfaatkan Piala Menpora 2021 dengan baik apalagi Indonesia mempunyai ambisi besar meraih medali emas SEA Games 2021 Vietnam yang digelar November.

“Dengan target emas di SEA Games, mereka harus lebih kerja keras lagi. Hasilnya satu bulan (TC) cukup keliatan tapi mereka juga main dengan tim yang berhenti bermain satu bulan,” kata dia.*ant

Hasil drawing Piala Menpora 2021
Grup A (Solo)
Arema FC
PSIS Semarang
Barito Putera
Tira Persikabo
Persipura Jayapura

Grup B (Malang)
Persija Jakarta
Bhayangkara Solo FC
Borneo FC
PSM Makassar

Grup C (Bandung)
Persebaya Surabaya
Persik Kediri
Persela Lamongan
PSS Sleman
Madura United

Grup D (Sleman)
Persib Bandung
Persiraja Banda Aceh
Persita Tangerang
Bali United

Komentar