nusabali

Pengprov Cabor Sakit Hati Jika PON 2021 Diundur Lagi

  • www.nusabali.com-pengprov-cabor-sakit-hati-jika-pon-2021-diundur-lagi

DENPASAR, NusaBali
Pengprov Cabang Olahraga yang meloloskan atlet ke PON XX/2021 di Papua masih menunggu kepastian PON Papua.

Informasi simpang siur, apalagi ada kabar petinggi Pemerintah Papua menghadap Presiden Joko Widodo untuk kembali mengusulkan agar PON ditunda. Informasi itu membuat Pengprov cabor merasa sakit hati.

"Jelas posisi kami merasa galau, kepastian PON di Papua masih simpang siur. Namun kami tetap menunggu informasi yang pasti. Apakah tetap digelar Oktober 2021 atau bagaimana," kata Sekum Pengprov Kodrat Bali, Anak Agung Bagus Tri Candra Arka, Minggu (7/3).

Pria yang biasa disapa Gung Cok itu, berharap Presiden Joko Widodo ada pertimbangan lain soal PON di Papua. Harapannya tetap bertanding pada Oktober nanti. Bahkan ada opsi agar PON bisa tetap digelar. Contohnya, atlet yang bertanding saja yang boleh hadir ke GOR. Misalnya, dalam satu hari dipertandingkan empat kelas, maka yang hadir di GOR atlet dari empat kelas itu.

Dengan demikian kerumunan dapat dihindari. Hal iru dapat dilakukan di semua nomor. Di kelas atau nomor apa yang dipertandingkan hari itu, hanya atlet itu saja yang datang ke lokasi pertandingan.  Menurutnya, tidak ada masalah soal tidak ada penonton. Sebab, katanya, kasihan atletnya sudah menunggu lama PON berlangsung. Apalagi sebelumnya juga sempat ditunda setahun.

"Atlet kami ada cuti kuliah karena ingin fokus latihan persiapan PON. Kami sangat menyayangkan malah jadwal PON tidak jelas. Padahal sudah mengorbankan jadwal kuliah demi tampil maksimal di PON Papua," tegas Gung Cok.

Pihaknya hanya kawatir jika PON tidak jadi digelar. Bukan takut tidak dapat medali. Tapi lebih kawatir PON malah tidak jadi digelar di akhir 2021 ini.

"Jika benar ditunda lagi, kami sakit hati. Banyak pengorbanan yang sudah dilakukan demi bisa berprestasi maksimal di PON Papua, namun sekarang informasi soal PON malah simpang siur lagi dan ada kemungkinan ditunda lagi," kata Gung Cok.

Untuk itu KONI Bali diharapkan segera mengecek kepastian jadwal PON. Sebab, dari PB cabor juga belum ada informasi apa soal kepastian PON Papua pada Oktober nanti. Meski begitu, atlet tetap berlanjut menyiapkan diri sepanjang belum ada keputusan resmi dari Pemerintah Pusat. *dek

Komentar