nusabali

Direksi Dituntut Menyediakan Kebutuhan Air Masyarakat

Bupati Lantik Direksi Perumda Tirta Mangutama

  • www.nusabali.com-direksi-dituntut-menyediakan-kebutuhan-air-masyarakat

Pemkab Badung akan mendapatkan tambahan suplai air bersih sebanyak 500 liter/detik dari Bendungan Sidan, Kecamatan Petang.

MANGUPURA, NusaBali

Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta, secara resmi melantik jajaran Direksi Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Mangutama Kabupaten Badung, Sabtu (6/3), di Ruang Kerta Gosana, Puspem Badung. Tiga jajaran direksi yang ditetapkan yaitu Direktur Utama (Dirut) I Wayan Suyasa, Direktur Teknik (Dirtek) Made Suarsa, dan Direktur Umum (Dirum) Wayan Sugita.

Pelantikan ini berdasarkan Surat Keputusan (SK) Bupati Badung Nomor 2426/01/HK/2021 tentang Pengangkatan Direksi Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Mangutama Masa Bakti 2021-2026. Rangkaian prosesi acara pelantikan diawali dengan pengambilan sumpah jabatan yang dipandu oleh Bupati Giri Prasta. Kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara sumpah jabatan dan kontrak kinerja atau fakta integritas antara Bupati Giri Prasta dengan jajaran Direksi Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Mangutama.

Acara pelantikan juga dihadiri oleh Ketua DPRD Badung I Putu Parwata beserta Wakil Ketua I Wayan Suyasa dan Made Sunarta, Sekda Badung Wayan Adi Arnawa. Sekaligus turut dihadiri pejabat dari perangkat daerah terkait lainnya.

Dalam sambutannya, Bupati Giri Prasta, secara tegas mengajak jajaran direksi yang baru dilantik dan semua karyawan Perumda Tirta Mangutama, untuk membangun etos kerja yaitu kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas, dan kerja tuntas dalam menyediakan kebutuhan air bersih bagi masyarakat Kabupaten Badung. “Target riil direksi dan jajaran Perumda Tirta Mangutama, adalah terjangkaunya kebutuhan masyarakat Badung berkenaan dengan air. Dimana air merupakan kebutuhan manusia nomor dua setelah udara. Ini sudah diatur juga oleh UUD 1945 pasal 33 ayat 3 yang berbunyi bumi, air, dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat,” kata Bupati Giri Prasta.

Bupati asal Desa Pelaga, Kecamatan Petang, itu mengatakan dalam pertengahan tahun 2022, Pemkab Badung mendapatkan tambahan suplai air bersih sebanyak 500 liter/detik dari Bendungan Sidan, Kecamatan Petang. Untuk itu, Bupati Giri Prasta sudah mengambil langkah dengan membangun jaringan dan reservoar di wilayah Badung Selatan, sehingga bila saat itu sudah tiba, semua fasilitas dan sarana yang dibutuhkan sudah dalam keadaan siap. “Jangan sampai ada tambahan air tapi jaringan belum siap,” katanya.

Sementara itu, Dirut Perumda Tirta Mangutama yang baru dilantik I Wayan Suyasa, menjelaskan dalam kurun waktu seminggu ini akan mempercepat mapping untuk mewujudkan apa yang diamanatkan oleh Bupati Badung. Lebih lanjut, Suyasa mengatakan kendala selama ini yang masih dihadapi oleh perusahaan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat adalah saat musim hujan. “Kami mengolah air permukaan, itu sebabnya pompa air sering mengalami kerusakan akibat adanya lumpur dan pasir,” kata Suyasa, mantan anggota DPRD Badung itu.

Di sisi lain, pria yang sebelumnya menjabat sebagai Dirtek ini juga merasa optimis dengan potensi ketersediaan bahan baku air bersih untuk memenuhi kebutuhan semua masyarakat Badung. Dalam waktu dekat akan mendapatkan tambahan suplai air dari Tukad Mati, termasuk dari Bendungan Sidan. *ind

Komentar