nusabali

Vaksinasi Lansia Akan Jemput Bola

  • www.nusabali.com-vaksinasi-lansia-akan-jemput-bola

MANGUPURA, NusaBali
Pemerintah Kabupaten Badung, akan melakukan sistem jemput bola untuk vaksinasi warga Badung yang telah masuk lanjut usia (lansia).

Proses vaksinasi khusus para lansia rencanaka dilaksanakan di banjar-banjar dan fasilitas kesehatan (faskes) yang ada di Badung.

Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Badung dr Nyoman Gunarta, mengatakan vaksinasi untuk lansia akan dilanjutkan setelah vaksinasi ke pedagang pasar dan pelayan publik selesai. “Nanti kita akan lakukan vaksinasi di banjar, agar prosesnya cepat dan mudah,” kata dr Gunarta, Minggu (7/3).

Skema jemput bola dipilih karena vaksinasi lansia berbeda dengan pelayanan publik lainnya. Para lansia bisa saja takut untuk divaksin, atau susah jika disarankan vaksin di rumah sakit. “Jadi, kalau langsung kami datangi lebih cepat dan relatif aman,” tegas dr Gunarta.

“Untuk yang di banjar-banjar itu untuk tokoh adat, agama, tokoh masyarakat termasuk lansia yang tidak banyak komorbid,” imbuh mantan Dirut RSD Mangusada, Kabupaten Badung itu.

Lebih lanjut dr Gunarta menjelaskan, untuk di RSD Mangusada, sudah berjalan vaksinasi khusus para lansia. Namun, untuk di RSD Mangusada khusus para lansia yang mempunyai masalah seperti gula darah dan hipertensi.

Sementara itu, vaksinasi Covid-19 yang sedang berjalan adalah menyasar pedagang pasar tradisional. Seperti yang sudah dilakukan di Pasar Bualu, Kelurahan Benoa dan pedagang Pasar Jimbaran, Kelurahan Jimbaran, Kecamatan Kuta Selatan.

“Terkait dengan pembagian vaksin, kami terus memantau ke puskesmas di masing-masing wilayah. Sasaran puskesmas di tahap kedua, yakni para lansia, tokoh adat beserta dinas, tokoh masyarakat, serta tokoh agama yang akan dihubungi oleh puskesmas di masing-masing wilayah,” tandas dr Gunarta. *ind

Komentar