nusabali

Balap Liar Menggila, Polda Tingkatkan Patroli

  • www.nusabali.com-balap-liar-menggila-polda-tingkatkan-patroli

Para pelaku trek-trekan kerap main kucing-kucingan dengan petugas, begitu ada mobil polisi datang mereka kabur masuk ke gang-gang sempit.

DENPASAR, NusaBali

Aksi balap liar atau trek-trekan kini sangat meresahkan. Tak sedikit masyarakat melapor ke Polda Bali tentang aksi balap liar yang kerap terjadi di beberapa tempat di Denpasar. Balap liar yang sebagian besar melibatkan para remaja itu pun mendapat respons dari Polda Bali.

Personel gabungan terdiri dari Dit Lantas, Dit Reskrimum, Sat Brimob Polda Bali, dan dibantu Polresta Denpasar melaksanakan penjagaan dan meningkatkan patroli di sejumlah jalan yang kerap dijadikan ajang trek-trekan. Pada, Sabtu (6/3) malam pukul 23.30 Wita  hingga subuh, Minggu (7/3) pukul 05.00 Wita tim gabungan melakukan patroli di kawasan Jalan Gunung Soputan, Jalan Mahendradata, dan Jalan Gatot Subroto, Denpasar Barat .

Di beberapa ruas jalan itu polisi menemukan sejumlah remaja kumpul-kumpul hendak melakukan balap liar. Aksi mereka dicegah petugas dan memaksa mereka untuk pulang ke rumah masing-masing. Selama patroli itu polisi menyita satu unit sepeda motor yang tidak dilengkapi surat-surat kendaraan.

Kabid Humas Polda Bali, Kombes Pol Syamsi dikonfirmasi, Minggu (7/3) sore menegaskan Polda Bali memberikan atensi terhadap aksi balap liar yang kian meresahkan masyarakat. Kombes Syamsi mengaku sangat prihatin dengan aksi berbahaya itu.

“Bukannya diam di rumah karena masih pandemi Covid-19 malah trek-trekan. Aksi itu mengancam nyawa sendiri dan nyawa orang lain. Para orangtua harus lebih ekstra mengawasi anak-anaknya dalam bergaul maupun saat keluar rumah,” ujarnya. Dia katakan bahwa informasi dari masyarakat aksi balap liar sering terjadi di Jalan Mahendradatta, Denpasar Barat saat malam minggu. Sebelum beraksi para pembalap pesta Miras dan menggeber gas motor yang suaranya sangat mengganggu masyarakat sekitar yang sedang beristirahat.  

Penanganan aksi balap liar ini sudah dari dulu dilakukan. Hanya saja para pelaku trek-trekan kerap main kucing-kucingan dengan petugas. Begitu ada mobil polisi datang mereka kabur masuk ke gang-gang sempit. “Jika di lokasi sudah dijaga polisi, mereka akan mencari tempat lain yang tidak dijaga polisi untuk melakukan aksi balap liar. Polda Bali akan terus meningkatkan patroli turun ke lapangan mencegah terjadi aksi balap liar,” imbuhnya. *pol

Komentar