nusabali

Pameran Ogoh-ogoh Mini ITB STIKOM Bali Dibuka

Wawali Ajak Kemas Story Telling dalam Karya Ogoh-ogoh

  • www.nusabali.com-pameran-ogoh-ogoh-mini-itb-stikom-bali-dibuka

DENPASAR, NusaBali
Wakil Walikota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa membuka pameran ogoh-ogoh mini yang diselenggarakan UKM Komunitas Abinaya Aksata Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) STIKOM Bali, Minggu (7/3) di Dharma Negara Alaya Kreatif Hub Lumintang, Denpasar.

Terdapat 45 ogoh-ogoh mini se-Bali memeriahkan pameran ini, yang terdiri dari mesin dan non mesin. Wakil Walikota, Arya Wibawa mengapresiasi pelaksanaan pameran ogoh-ogoh mini dalam rangkaian hari suci Nyepi Tahun Baru Saka 1943 tahun 2021. “Meski dalam keterbatasan karena masa pandemi Covid-19 kreativitas anak muda ini harus terus diasah. Protokol kesehatan harus tetap menjadi hal penting dalam pelaksanaan pameran ini,’ ujarnya.

Lebih lanjut disampaikan dalam penampilan karya ogoh-ogoh ini tidak saja menampilkan bentuk fisik ogoh-ogoh yang baik dan apik namun juga telah dikemas dengan penulisan cerita atau story telling yang baik. Karena hal ini dapat menjadi nilai lebih bagi penikmat dalam melihat sisi penampilan cerita yang dikemas dalam ogoh-ogoh baik mini maupun dalam wujud yang besar.  Pihaknya juga mengajak sekaa teruna bersama Badan Kreatif Denpasar dapat mengemas peningkatan kreativitas khususnya dalam story telling ogoh-ogoh.

Karena story telling yang baik menjadi hal penting sebagai pendukung dalam kemasan karya ogoh-ogoh. Di samping itu pembuatan ogoh-ogoh juga dapat dikemas dalam sebuah film. Dari kemasan awal pembuatan hingga alur cerita dapat menjadi sebuh karya film kreatif. "Selamat berkreatifitas insan muda Denpasar dalam lomba dan pameran ogoh-ogoh mini, serta tetap disiplin prokes," ujarnya.

Sementara Pembina Yayasan Widya Dharma Shanti ITB Stikom Bali, Prof Dr I Made Bandem MA mengucapkan terima kasih atas apresiasi dari Walikota Denpasar IGN Jaya Negara dan Wakil Wali Kota Arya Wibawa yang telah memfasilitasi kreativitas generasi muda ini. Saat ini kreativitas ogoh-ogoh telah menjadi budaya dan karya seni di Bali, yang pada tahun-tahun sebelumnya kreativitas ini telah mampu menjadi ajang festival. Terlebih di Kota Denpasar menjadi daerah pertama dalam pelaksanaan festival ogoh-ogoh. "Semoga kreativitas insan muda ini dapat terus ditingkatkan meski dalam keterbatasan masa pandemi saat ini," ujar Prof Bandem. *mis

Komentar