nusabali

Jembatan Kuning Ditarget Kelar 31 Desember 2016

  • www.nusabali.com-jembatan-kuning-ditarget-kelar-31-desember-2016

Pengerjaan Jembatan Kuning, penghubung wilayah Nusa/Desa Lembongan – Nusa Ceningan, Desa Lembongan, Kecamatan Nusa Penida, Klungkung, saat ini mencapai 21 persen.

SEMARAPURA, NusaBali
Proyek ini harus kelar 31 Desember 2016.  Namun, para pekerja proyek masih terkendala fakfor alam. Diantarnya, hujan dan air laut pasang-surut. “Kalau airnya surut kita tidak bisa mengirim barang karena kapal tak bisa melintas,” ujar Merlan, PPK Balai Pelaksana Jalan Nasional Wilayah Provinsi Bali, saat ditemui di Jembatan Kuning, Sabtu (26/11).

Kata dia, Jembatan Kuning ini dibangun sama persis seperti sebelumnya dengan ciri khas berwarna kuning. Pajangnya 140 meter, lebarnya jadi 1,8 meter dari sebelumnya, 1,4 meter. Dana yang digunakan dari APBN Rp 3,4 miliar. “Mudah-mudahan 31 Desember ini bisa beroperasi,” ujarnya kepada NusaBali. Jembatan ini nanti hanya bisa dilintasi pejalan kaki dan sepeda motor.

Dikonfirmasi terpisah, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta mengatakan semenjak Jembatan Kuning tersebut terputus, kondisi pariwisata di Ceningan mengalami penurunan. Beberapa pegawai restoran atau penginapan terpaksa diistirahatkan. Dampak ini tidak bisa dibiarkan secara terus menerus. Caranya, proyek Jembatan Kuning harus dikebut seusai waktu yang ditentukan. “Memang ada kendala faktor alam. Tapi, mudah-mudahan bisa diatasi,” ujar Bupati asal Ceningan, Nusa Penida ini.

Sebelumnya, Jembatan Kuning ambruk dan putus, Minggu (16/10) petang pukul 18.10 Wita. Dalam musibah itu, 8 orang tewas dan 34 luka-luka, serta 17 sepeda motor tenggelam. *wa

Komentar