nusabali

315.000 Warga Tabanan Disasar Vaksinasi Covid-19

  • www.nusabali.com-315000-warga-tabanan-disasar-vaksinasi-covid-19

TABANAN, NusaBali
Pemkab Tabanan terus mengkebut layanan vaksinasi Covid-19 untuk masyarakat umum.

Sesuai arahan pusat, vaksinasi pelayanan publik ditarget tuntas bulan Juni 2021. Namun penyediaan vaksin yang ada sekarang masih minim. Dari 315.000 warga yang menjadi sasaran vaksinasi, Tabanan memerlukan 630.000 dosis vaksin untuk tahun 2021 ini.

Kepala Dinas Kesehatan Tabanan dr Nyoman Suratmika menegaskan, setelah tenaga kesehatan, saat ini layanan vaksinasi di Tabanan sudah menyasar pelayanan publik. Target tuntas vaksin untuk pelayanan publik di Tabanan bulan Juni 2021.

Kata dr Suratmika, pelayanan publik yang divaksin ini menggunakan vaksin tambahan kedua sejumlah 9.200 dosis. Jumlah tersebut sudah diperuntukkan juga untuk menyasar 900 nakes yang sebelumnya belum tuntas divaksin. Sehingga sisa vaksin sekarang sebanyak 3.700 dosis dan jumlah ini lah yang sudah disebar untuk pelayanan vaksin ke pelayanan publik.

dr Suratmika menerangkan sasaran vaksinasi tidak hanya menyasar pelayan publik tetapi ke masyarakat umum mulai dari tokoh adat, pedagang, bendesa adat, pemangku hingga lansia. Untuk lansia Dinas Kesehatan tengah melakukan pendataan. Syarat lansia yang bisa mengikuti vaksin diatas usia 59 tahun dan lansia yang masih bisa beraktifitas.

Dia menambahkan untuk menjalankan vaksinasi di Tabanan, fasilitas layanan kesehatan (fasyankes) sudah ditambah. Awalnya ada 28 fasyankes kini menjadi 29 fasyankes seiring ditambahnya 1 fasyankes di klinik Polres Tabanan. Kebutuhan petugas untuk vaksinasi sudah mencukupi, satu fasyankes dibutuhkan minimal ada 4 orang petugas. *des

Komentar