nusabali

Dinas LHK Angkut 60 Ton Sampah Kiriman di STO

  • www.nusabali.com-dinas-lhk-angkut-60-ton-sampah-kiriman-di-sto

MANGUPURA, NusaBali
Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (LHK) Badung, mengangkut sampah kiriman yang dikumpulkan sementara di stop over (STO), kawasan setra (kuburan) di Pantai Kuta, Kecamatan Kuta, Badung, Jumat (5/3) pagi.

Dalam proses pengangkutan sampah sebanyak 60 ton ke TPA Suwung, Denpasar Selatan, petugas mengerahkan sedikitnya 30 truk. Koordinator Deteksi Evakuasi Sampah Laut (Desalut) Dinas LHK Badung I Made Gede Dwipayana, mengatakan kawasan objek wisata Pantai Kuta saat ini sudah bersih dari serbuan sampah kiriman. Bahkan, sampah yang tersisa di Pantai Kuta, yang selama ini ditampung di stop over (STO), sudah diangkut ke TPA Suwung.

“Sekarang Pantai Kuta bisa dikatakan bebas dari sampah kiriman. Selama sepekan ini, sampah kiriman sudah tidak muncul lagi. Yang masih tersisah di Pantai Kuta, hanyalah sampah yang sudah kami bersihkan dan kumpulan,” kata Dwipayana, Jumat (5/3) siang.

Menurut Dwipayana, sampah kiriman yang terkumpul di STO, sudah diangkut ke TPA Suwung, Jumat kemarin. Proses pengangkutan sampah dimulai pada pukul 08.00 Wita hingga pukul 12.00 Wita. Dalam pengangkutan sampah sebanyak 60 ton, dikerahkan sekitar 30 truk. “Total keseluruhan sampah yang kami angkut mencapai 60 ton. Semuanya sudah diangkut ke TPA Suwung. Kondisi Pantai Kuta sampai saat ini sudah bersih dari sampah,” katanya.

Masih menurut Dwipayana, Pantai Kuta memang sudah bersih dari sampah kiriman, namun justeru Pantai Kedonganan dan Jimbaran, yang kini diserbu sampah kiriman berupa ranting dan pohon. Meski demikian, sampah tersebut tidak sebanyak waktu awal-awal kemunculannya. “Kalau tadi pagi (kemarin) di Kedonganan dan Jimbaran sudah kami bersihkan dan kumpulan di sejumlah titik. Tinggal dua wilayah itu saja yang masih ada sampah kiriman, tapi jumlahnya tidak terlalu banyak, sekitar 1 ton lebih,” tandasnya. *dar

Komentar