nusabali

BPD Bali Serahkan Ambulans di Jembrana

  • www.nusabali.com-bpd-bali-serahkan-ambulans-di-jembrana

NEGARA, NusaBali
PT Bank Pembangunan Daerah (BPD) Bali menyerahkan bantuan corporate social responsibility (CSR) berupa ambulans untuk RSUD Negara, Jembrana, Jumat (5/3).

Rencananya, ambulans ini akan digunakan armada mobile swab PCR test dalam upaya mempercepat penanganan Covid-19 di Jembrana. Untuk diketahui, PCR (polymerase chain reaction) adalah pemeriksaan laboratorium untuk mendeteksi keberadaan material genetik dari sel, bakteri, atau virus. Saat ini, PCR juga digunakan untuk mendiagnosis penyakit COVID-19, yaitu dengan mendeteksi material genetik virus Corona.

Direktur Utama Bank BPD Bali I Nyoman Sudharma mengatakan, bantuan CSR dalam bentuk ambulans ini, dalam rangka mendukung pelayanan kesehatan masyarakat di Jembrana. Sebelumnya, dari Bank BPD Bali juga rutin menyalurkan CSR di Jembrana. Dalam masa pandemi Covid-19, dari Bank BPD Bali juga sempat menyerahkan CSR berupa sarana prasarana pencegahan Covid-19 dan bantuan sembako untuk masyarakat Jembrana. “Semoga kami dari Bank BPD Bali selaku bank pemegang sahamnya Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota seluruh Bali, dapat terus memberikan kontribusi lebih kuat di bidang kesehatan dan pemulihan ekonomi,”  ujarnya.

Dalam masa pandemi Covid-19, Sudharma mengatakan, Bank BPD Bali juga menyelaraskan berbagai program dalam upaya pemulihan ekonomi. Selain ditunjuk sebagai penyalur program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), Bank BPD Bali juga menyediakan sejumlah program kredit usaha rakyat (KUR) untuk pengusaha-pengusaha kecil. Baik itu program KUR super mikro, KUR mikro, dan lainnya. “Program-program ini tentunya bisa disinergikan dengan program-program yang ada di masing-masing OPD. Dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Untuk membangun Jembrana lebih bahagia,” ucap Sudharma yang juga hadir didampingi Direktur Operasional Bank BPD Bali Ida Bagus Gede Setia Yasa.

Bupati Tamba mengatakan, atas nama Pemkab Jembrana, mengapresiasi luar biasa CSR dari Bank BPD Bali berupa kendaraan ambulans ini. Kehadiran ambulans tentunya sangat bermanfaat dalam mendukung pelayanan kesehatan bagi masyarakat Jembrana. “Ambulans ini kita akan gunakan sebagai mobile swab PCR test (tes swab PCR keliling). Dengan kehadiran mobile swab PCR test ini, nantinya bisa lebih cepat membaca hasil swab atau membantu mendeteksi pasien itu terpapar Covid-19 lebih cepat. Sehingga agar testing-nya bisa lebih masif dan segera ditindaklanjuti dengan isolasi,” ujarnya.

Bupati Tamba mengatakan, saat ini RSUD Negara juga akan membuka laboratorium swab PCR test. Di mana untuk alat swab PCR test dibantu oleh Pemprov Bali, dan sudah tersedia di Denpasar. Rencananya, untuk laboratorium swab PCR test di RSUD Negara itu, akan dilaunching pada akhir bulan Maret ini atau paling lambat pada awal bulan April nanti.  “Jadi sekarang tinggal melengkapinya dengan perangkat untuk penunjang test swab PCR saja. Dan untuk penganggaran, kita sudah siapkan,  sehingga akan segera dapat dioperasikan,” ujarnya.

Menurut Bupati Tamba, penyediaan layanan mobile swab PCR test itu, juga merupakan bentuk komitmennya dalam upaya menanggulangi penyebaran Covid-19 di Jembrana. Dengan mempercepat testing maupun tracing, harapannya laju penyebaran Covid-19 di Jembrana bisa ditekan sekecil mungkin. “Jadi sekali lagi, saya sampaikan terima kasih kepada bank BPD Bali. Mengingat kehadiran ambulans ini, sangat-sangat bermanfaat di tengah pandemi Covid-19 seperti sekarang ini,” ucapnya. *ode

Komentar