nusabali

Kembali Open House 2021 Dukung Perkembangan Ekonomi Digital di Bali

  • www.nusabali.com-kembali-open-house-2021-dukung-perkembangan-ekonomi-digital-di-bali

MANGUPURA, NusaBali.com
Untuk pertama kalinya dalam lima tahun, Indonesia mengalami kontraksi ekonomi. Bahkan dampak  pandemi Covid-19 di Bali menghasilkan  kontraksi ekonomi minus 9,31 persen sepanjang tahun 2020.

“Dalam keadaan seperti ini Bali sangat membutuhkan satu ekosistem, tempat berkolaborasi dan belajar untuk meningkatkan kompetensi yang dapat membuka peluang – peluang baru untuk ketahanan ekonomi jangka panjang,” kata Diko Inatsu, Program Officer di Kembali Innovation Hub, Kamis (4/3/2021).

Celah itu terlihat dari Digital Playbook yang dirilis Google pada Januari 2021. Disebutkan Indonesia mencatatkan perkembangan Internet Economy sebesar 11 persen. “Platform e-commerce dan media online menjadi dua pendorong utama pertumbuhan ini dan kami melihat ini sebagai momentum,” ungkap Diko Inatsu.

Latar belakang itu memacu digelarnya evet Kembali Open House pada  4-7 Maret 2021. Acara yang digelar mulai pukul 14.00-19.00 Wita ini meliputi kegiatan open coworking day, kelas-kelas gratis, bursa kerja, hingga kompetisi permainan seluler online. “Dengan tajuk ‘Tanpa Batas’ kegiatan tahunan ini menjadi bukti Kembali Innovation Hub terus berpartisipasi aktif untuk mendorong Bali ke arah perekonomian digital yang sehat dan berkelanjutan,” imbuh Diko.

Event ‘Tanpa Batas’ ini juga dibuka oleh Faye Wongso, selaku CEO Kumpul.id sekaligus Presiden Komunitas Coworking Indonesia. Acara ini adalah salah satu flagship kegiatan Kembali Innovation Hub. “Tema Tanpa Batas adalah dasar dari buah pemikiran kami bahwa Bali sepatutnya melihat kesempatan diluar satu segmen ekonomi saja, akan lebih baik jika Internet Economy bisa menjadi bagian integral beriringan dengan pemulihan sektor pariwisata yang selama ini menjadi primadona perekonomian di Bali,” kata Bagus Oka selaku Space Lead di Kembali Innovation Hub.


“Untuk bertahan dalam keadaan ini dibutuhkan ekosistem digital yang kuat. Kami posisikan acara ini sebagai tempat untuk berbagi pengetahuan dengan berkolaborasi dalam komunitas yang terus berkembang untuk mencetak entrepreneur baru sehingga menambahkan kekuatan dan ketahanan ekonomi regional Bali di masa depan,” tandas Bagus.

Komentar