nusabali

Wabup Suiasa Terima Kunjungan Kepala BPOM RI

  • www.nusabali.com-wabup-suiasa-terima-kunjungan-kepala-bpom-ri

MANGUPURA, NusaBali
Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa, menerima kunjungan Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI Penny K Lukito di Puskesmas Abiansemal 1, Desa Blahkiuh, Kecamatan Abiansemal, Kamis (4/3).

Kunjungan ini dilakukan guna memantau sekaligus memastikan fasilitas dan sistem pendistribusian vaksin Covid-19 di UPT Instalasi Farmasi Kabupaten Badung maupun Puskesmas Abiansemal 1, agar tetap menjaga mutu dan kualitas vaksin.

Dalam kunjungan tersebut hadir Kadis Kesehatan Provinsi Bali dr I Ketut Suarjaya, Kadis Kesehatan Badung dr I Nyoman Gunarta, Kepala BBPOM di Denpasar Gusti Ayu Nengah Suarningsih, Dirut RSD Mangusada dr Ketut Japa, Kasatpol PP I Gusti Agung Ketut Suryanegara, Kabag Humas Setda Badung Made Suardita serta Kepala UPTD Puskesmas Abiansemal 1 Ni Nyoman Rai Sukadani.

Wabup Suiasa menyambut positif dan sangat mengapresiasi kunjungan Kepala BPOM RI Penny K Lukito, bersama seluruh jajaran guna memonitor kondisi berkaitan dengan tata kelola manajemen vaksin yang diterima di Kabupaten Badung, termasuk pola pendistribusiannya. Wabup Suiasa menyampaikan bahwa secara prinsip, Badung sangat siap untuk melaksanakan kewajiban ini sebaik-baiknya. “Kami ingin mempercepat pelaksanaan vaksin ini. Untuk itu kami ingin pemerintah pusat juga mempercepat menambah vaksin untuk kami guna memperluas jangkauan vaksin ke masyarakat,” terangnya.

Dalam pelaksanaan vaksinasi, lanjut Wabup Suiasa, telah mempersiapkan sarana prasarana maupun SDM-nya. Saat ini telah dibentuk sebanyak 12 tim, di mana satu tim terdiri dari 7 orang dan akan dibantu dari Ikatan Bidan Indonesia Badung. Ditambahkan, hingga saat ini di Badung telah melaksanakan vaksinasi dengan sasaran pada tenaga kesehatan, pegawai yang memberikan pelayanan publik di pemerintah daerah, anggota DPRD, Kejaksaan, tokoh agama, pelayanan publik di masyarakat termasuk menjangkau pasar-pasar, dan pelaku pariwisata serta transportasi publik.

“Sebanyak 2.600 sudah kami vaksin, saat ini terus berjalan. Dengan kesiapan kami, 2.000 orang per hari kami sanggup vaksinasi. Tinggal sekarang vaksin saja diberikan lebih, karena kami baru mendapat 11 ribu vaksin,” jelas wabup asal Pecatu, Kecamatan Kuta Selatan ini.

Sementara itu, Kepala BPOM RI Penny K Lukito didampingi Plt Deputi I Bidang Pengawasan Obat, Narkotika, Psikotropika, Prekursor, dan Zat Adiktif, Togi Junice Hutadjulu, menjelaskan kunjungan tersebut guna memantau berkaitan dengan aspek jaminan mutu, kualitas, dan keamanan mulai dari distribusi, penyimpanan, hingga penggunaan vaksin Covid-19. Menurut dia, dibutuhkan kerjasama dengan daerah untuk mengawal bersama-sama, demi menjaga mutu vaksin sepanjang rantai distribusi, dengan tetap menjaga suhu vaksin 2-8 derajat celcius.

“Kami ingin memastikan aspek mutu dari vaksin, sehingga lebih efektif memberikan perlindungan. Tidak hanya dimulai dari saat pengembangan dan produksinya, tapi juga sangat penting untuk terus menjaganya pada saat distribusi dan penyimpanan sampai tangan masyarakat yang akan disuntik,” katanya. *ind

Komentar