nusabali

Bupati Suwirta Genjot Program Padat Karya

  • www.nusabali.com-bupati-suwirta-genjot-program-padat-karya

SEMARAPURA, NusaBali
Dalam situasi pandemi Covid-19, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta terus menggenjot Program Padat Karya dan Wira Usaha Baru (WUB). Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja pun ditunjuk sebagai ujung tombak.

Hal tersebut ditekankan saat mengunjungi kantor tersebut, Kamis (4/2). Kata Bupati, pada musim pandemic sekarang ini industri Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) mengalami penurunan dan bahkan banyak generasi muda membuka usaha baru. Dalam tinjauannya Bupati Suwirta menugaskan Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Klungkung I Wayan Sumarta dan  seluruh jajaran, agar segera merealisasikan kegiatan tahun 2021.

Dengan demikan anggaran segera masuk ke masyarakat terutama pada UMKM sehingga perputaran ekonomi berjalan. Program padat karya, Wira Usaha Baru (WUB), pelatihan-pelatihan agar segera ditindaklanjuti. Termasuk uji kompetensi, keterampilan dan kapal pesiar, harus disiapkan dengan baik. ‘’Sehingga nanti dalam situasi normal makan SDM kita sudah siap," ujar Bupati Suwirta.

Lebih lanjut, terkait pendataan Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang berangkat ke pesiar, Bupati Suwirta juga meminta untuk pendataan kembali pada saat mereka berangkat harus ada koordinasi, sehingga Klungung punya pegangan data yang berangkat ke Kapal pesiar. "Kita harus mempunyai data, berapa persen yang berhasil, maka program inovasi memberangkatkan kaka miskin ke kapal pesiar akan menjadi unggulan kita kedepannya," harapnya. *wan

Komentar