nusabali

Mengatasi Takut Jarum Suntik saat Divaksin

  • www.nusabali.com-mengatasi-takut-jarum-suntik-saat-divaksin

DENPASAR, NusaBali
Program vaksinasi sebagai salah satu langkah pencegahan dan penanganan Covid-19 memunculkan berbagai reaksi dari calon penerima.

Ada yang menanggapinya biasa saja. Namun ada pula calon penerima vaksin takut jarum suntik. Bagi yang takut jarum suntik, psikolog RSUP Sanglah Lyly Puspa Palupi S MSi Psikolog, memberikan tips untuk mengatasinya.  “Pertama, pahami bahwa vaksinasi itu adalah sesuatu yang penting dan akan memberikan manfaat buat kita,” ujarnya, Selasa (2/3).

Setiap orang sesungguhnya memiliki mekanisme atau cara yang berbeda-beda untuk meyakinkan diri bahwa ini merupakan proses yang aman. “Kemudian, dampak-dampaknya juga biasanya minor, tidak ada yang sampai membuat gangguan kesehatan,” imbuhnya.

Namun menurut Lyly Puspa, rasa takut akan jarum suntik ini bukannya tanpa sebab. Bisa jadi, ketakutan ini berasal dari pengalaman buruk seseorang di masa lalu. “Kasus-kasus yang biasanya kita lihat sebenarnya mereka punya masa lalu atau pengalaman yang kurang enak dengan proses injeksi,” tutur Lyly Puspa.

Lyly Puspa menyarankan, jika memang terdapat ketakutan akan jarum suntik yang memang tidak bisa diantisipasi seperti kasus-kasus yang terjadi, maka disarankan bagi orang tersebut untuk melakukan konsultasi awal ke psikolog atau psikiater.

“Cara yang gampang adalah dengan relaksasi. Malam sebelum menerima vaksin, yang bersangkutan bisa relaksasi dengan cara mendengarkan musik-musik yang relaks, kemudian berkata pada diri sendiri bahwa semua akan lancar, semua akan baik-baik saja, disuntik itu sesuatu yang tidak berbahaya. Intinya kata-kata positif yang membuat tenang,” paparnya.

Selain itu, mengatasi ketakutan ini juga bisa dengan mengajak seseorang yang membuat nyaman, sehingga akan timbul rasa lebih aman saat divaksin. “Sekarang yang saya lihat di faskes, sebetulnya bisa jadi orang itu tidak tahu kalau dia sangat takut, lalu pas saatnya dia disuntik dia baru memperlihatkan respons itu,” tambahnya.

Tips lainnya bagi orang yang memiliki ketakutan akan jarum suntik, yaitu memberitahukan tentang ketakutan ini pada petugas vaksinasi. Hal ini untuk memberikan waktu sehingga calon penerima vaksin bisa mempersiapkan diri dengan relaksasi. *cr74

Komentar