nusabali

KPU Bangli Ancang-ancang Tahapan Pileg 2024

  • www.nusabali.com-kpu-bangli-ancang-ancang-tahapan-pileg-2024

BANGLI, NusaBali
Pemilu legislatif/pilpres dan pilkada serentak sudah pasti akan digelar di 2024 mendatang.

Saat ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bangli mulai siap-siap untuk tahapan pileg maupun pilkada.  Komisioner KPU Bangli Wayan Sastra Puja mengatakan saat ini KPU RI sedang mengusulkan waktu tahapan pileg maupun pilkada. Jika sebelumnya tahapan selama 20 bulan, kini usulan 30 bulan (2,5 tahun, Red). Jika disetujui 30 bulan, maka pertengahan atau akhir tahun ini sudah mulai tahapan Pileg/Pilkada Serentak 2024.

“Saat ini masih menunggu persetujuan. Jika waktu lebih panjang tentu persiapan diharapkan semakin matang,” kata Sastra Puja, Rabu (3/3).

Menurut Sastra Puja, untuk tahapan awal nantinya meliputi penyusunan regulasi. Lebih lanjut, untuk Pemilu Serentak 2024 akan displit menjadi 2 perhelatan. Coblosan Pileg/Pilpres 2024 diperkirakan akan dilaksanakan pada Maret 2024. Kemudian Pilkada akan digelar November 2024.

“Tahunnya bersamaan namun bulan saja yang berbeda,” ujarnya. Ditambahkan pula, pemilu serentak selama ini belum diikuti seluruh wilayah. Pada 2024, pemilu serentak akan diikuti seluruh daerah/wilayah. Dilaksanakan pemilu serentak diharapkan bisa efisien anggaran, waktu, maupun koordinasi.  Di sisi lain, KPU Bangli menyerahkan penghargaan bagi komponen yang turut serta dalam menyukseskan Pilkada Bangli 2020. Pilkada Bangli 2020 berjalan lancar serta aman. *esa

Komentar