nusabali

Mal dan Ritel Mulai Pulih

Setahun 'Digebuk' Pandemi

  • www.nusabali.com-mal-dan-ritel-mulai-pulih

JAKARTA, NusaBali
Setahun Corona, pusat perbelanjaan atau mal hingga ritel mulai merasakan sedikit pemulihan.

Sebelumnya, kedua bisnis tersebut sempat begitu terpuruk oleh pandemi COVID-19. Kondisi paling terpuruk bagi kedua industri itu dirasakan saat pemerintah mulai menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) ketat pertama di bulan April 2020.

Saat itu, sekolah, toko-toko (ritel), perkantoran, mal, dan tempat wisata ditutup sementara. Jumlah penumpang transportasi umum pun dibatasi. Hal itu, otomatis membuat omzet di kedua bisnis tersebut turun drastis.

"Yang terpuruk itu kayaknya saat nggak boleh buka mal sama sekali beberapa bulan tuh, bulan 4,5,6 itu bukan terpuruk lagi, orang tidak boleh buka, jadi paling berat, itu paling parah," ujar Ketua Umum Himpunan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo) Budihardjo Iduansjah seperti dilansir detikcom, Selasa (2/3).

Hal yang memberatkan adalah karena kebijakan itu diberlakukan saat momen libur lebaran yang seharusnya bisa menjadi sumber pendapatan tertinggi bagi pengusaha ritel dalam setahun.

Lantaran, para pengusaha ritel saat itu, sudah menyiapkan stok barang dari awal tahun, tapi karena diberlakukan PSBB, akhirnya banyak barang yang terpaksa dijual murah agar tidak terbuang sia-sia.

"Nah itu mulai ambruk cashflow di situ, uangnya dalam bentuk stok tidak bisa keluar, dijual rugi, dijual murah, supaya berputar, akhirnya terjadi penurunan," terangnya.

Ia mengibaratkan, misal omzet seluruh peritel di Indonesia bisa mencapai Rp 450 triliun/bulan. Namun, karena ada PSBB ketat karena pandemi, ritel pada tutup, maka total kerugian bisa mencapai ratusan triliun rupiah per bulannya.

"Kerugiannya ratusan triliun sebulan, artinya tidak ada omzet, rugi," katanya.

Namun, kini kondisi sektor ritel sudah mulai membaik dari kondisi paling terpuruk tadi. Terutama di saat-saat ada momen libur nasional atau cuti bersama maupun saat diadakan diskon besar-besaran.

"Pada saat ada lebaran, ataupun kemarin hari belanja diskon, lalu ada tahun baru, itu animo konsumen tidak bisa ditahan, mereka tetap belanja, baik secara offline maupun online," tuturnya

Ia optimistis momentum perbaikan ini akan terus terjadi terutama jelang lebaran pada Mei 2021. "Sekarang sudah mulai naik pelan-pelan, jadi puncaknya kami harapkan di bulan 5 saat lebaran itu," imbuhnya.

Hal serupa disampaikan oleh Wakil Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat (DPP) Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Alphonzus Widjaja. Momen terpuruk bagi pusat perbelanjaan terjadi di triwulan II-2020 di saat pemerintah menerapkan PSBB ketat yang pertama kali.

Saat itu kondisinya, pusat perbelanjaan tidak boleh beroperasi sama sekali kecuali untuk supermarket dalam mal dan ATM, sehingga tingkat kunjungan di mal saat itu tidak lebih dari 10% dibanding sebelum pandemi.

Saat masuk PSBB transisi, mal diizinkan beroperasi dengan kapasitas 50%. Akan tetapi, tingkat kunjungan tak banyak mengalami peningkatan signifikan yakni tak lebih dari 30-40%. Saat ini pun serupa, ada peningkatan tapi tak lebih dari level tersebut. *

Komentar