nusabali

Tingkatkan Imun, Ketua PPNI Gencarkan Yoga

  • www.nusabali.com-tingkatkan-imun-ketua-ppni-gencarkan-yoga

AMLAPURA, NusaBali
Ketua PPNI (Persatuan Perawat Nasional Indonesia) Kabupaten Karangasem I Wayan Arsiawan Adi yang juga pendiri Arsia Smile Yoga terus menggencarkan aktivitas yoga.

Bersama Arsia Smile Yoga Amlapura mengajak ibu-ibu dari Desa Padangbai aktif yoga di Bale Budaya, Banjar Melanting, Desa Padangbai, Kecamatan Manggis, Karangasem, Selasa (2/3). Harapannya, imunitas tubuh terjaga dan terhindar dari Covid-19.

Yoga yang diajarkan yakni gerakan yoga asanas, candra yoga, candra, yoga namaskar, dan sebagainya. “Tujuannya untuk meningkatkan imun tubuh karena ada gerakan pemijatan, terutama di kelenjar timus yang posisinya di dada,” kata I Wayan Arsiawan Adi. Saat gerakan pemijatan di dada merangsang kelenjar timus agar lebih banyak memproduksi imun untuk kekuatan tubuh. Jika rutin berlatih yoga dengan lebih banyak gerakan pernapasan bisa menurunkan berat badan, melancarkan peredaran darah, menurunkan stres, dan otomatis imun tubuh naik.

Yoga juga untuk mencegah sakit punggung, mengurangi asma, mencegah nyeri, membakar lemak dalam tubuh dengan cara melatih otot. Bersama instruktur Ni Wayan Supartini melatih ibu-ibu Desa Padangbai sebanyak 15 orang sejak 6 bulan lalu. “Yoga bisa digunakan untuk merelaksasi pikiran, yang sebelumnya tegang dan ruwet, bisa netral,” katanya. Koordinator Yoga Desa Padangbai, Luh Budi Ardani, mengatakan selama pandemi Covid-19 tidak ada aktivitas sehingga mencoba mengajak ibu-ibu rumah tangga di Desa Padangbai berolahraga yoga. “Kegiatan dilaksanakan dengan tetap menjalankan protokol kesehatan,” jelas Luh Budi Ardani.

Luh Budi Ardani mengungkapkan, peserta yang hadir tidak menentu, rata-rata yang datang 15 orang, terkadang bisa lebih, tergantung situasi ibu-ibu rumah tangga di Desa Padangbai. Melalui yoga, Luh Budi Ardani berharap ibu-ibu rumah tangga mengetahui dan merasakan manfaatnya sehingga memotivasi ibu-ibu rumah tangga lainnya ikut aktivitas yoga. *k16

Komentar