nusabali

SMKN 2 Kubu Hanya Punya 1 Guru Kontrak

  • www.nusabali.com-smkn-2-kubu-hanya-punya-1-guru-kontrak

Gedung SMKN 2 Kubu belum dilengkapi listrik dan tanpa air.

AMLAPURA, NusaBali
SMKN 2 Kubu Karangasem hanya punya satu guru kontrak dan 3 pegawai tata usaha. Buat sementara masih pinjam guru di SMKN 1 Kubu agar pembelajaran bisa berjalan. Sekolah yang baru berdiri ini pada tahun ajaran 2020/2021 merekrut 97 siswa.  

Kasek SMKN 2 Kubu, Made Agung Ariyasa, mengungkapkan gedung SMKN 2 Kubu dibangun bersamaan saat merekrut siswa baru. Gedung tiga lantai lengkap kamar kecil telah tuntas dibangun di Banjar Beluhu Kangin, Desa Tulamben. Ada 9 ruang kelas dan ruang guru. Hanya saja belum berfungsi untuk pembelajaran tatap muka. Listrik belum tersambung, belum ada air untuk keperluan sehari-hari. “Selama ini aktivitas pegawai tata usaha, guru, dan siswa masih pinjam di SMKN 1 Kubu. Sebelumnya Kasek SMKN 2 Kubu dirangkap Kasek SMKN 1 Kubu,” jelas Made Agung Ariyasa yang juga Ketua PGRI Kecamatan Kubu, Selasa (2/3).

Berbeda dengan gedung SMAN Abang sudah dilengkapi listrik dan air telah mengalir, sehingga telah bisa dimanfaatkan jika pembelajaran tatap muka dimulai. Made Agung Ariyasa mengatakan, masih perlu sarana untuk melengkapi gedung SMKN 2 Kubu. Tak hanya listrik dan air, juga meubelernya. “Sambil menunggu pembelajaran berjalan, kami mengusulkan pengadaan tenaga guru, terutama guru produktif karena SMKN 2 Kubu bergerak di bidang pariwisata,” tambahnya. Dari 97 siswa, terbagi dua program keahlian yakni tata boga dan pariwisata.

Terpisah, Kasek SMKN 1 Kubu I Nyoman Suarsana membenarkan sempat merangkap jadi Kasek SMKN 2 Kubu. “Tetapi aktivitas pegawai SMKN 2 Kubu dan siswa masih pinjam di SMKN 1 Kubu. Selama ini guru SMKN 1 Kubu sifatnya membantu SMKN 2 Kubu,” jelas Nyoman Suarsana. *k16

Komentar